Puan: PDI Perjuangan Tetap Bersama Jokowi-JK

pdip jatim - jokowi mega tjahjo puan di rakernas semarangJAKARTA – Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan, partainya tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Puan yang juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini membantah adanya rumor PDI Perjuangan menarik dukungan terhadap Jokowi-JK.

“PDI Perjuangan tetap bersama dengan pemerintahan Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla, mendukung semua apa yang menjadi program nawacita Pak Jokowi,” tegas Puan Maharani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

PDI Perjuangan, tambah Puan, juga bukan dalam posisi mendukung seutuhnya program Jokowi-JK, tapi juga memiliki sikap mengritisinya.

“Kalau kemudian ada yang tidak sesuai nawacita, tentunya PDI Perjuangan harus mengritisi, merevisi agar semua kebijakan sesuai nawacita dan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat,” kata Puan.

Sementara itu, Peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Diasma Sandi Swandaru di Yogyakarta, Selasa (3/2/2015) berpendapat, cara berpolitik di negeri ini cukup aneh, karena setiap ada kebijakan buruk dari pemerintah, partai pengusung dijadikan sasaran tembak.

Sebaliknya bila ada kebijakan baik, seperti eksekusi bandar narkoba dan penenggelaman kapal pencuri ikan; tidak pernah terdengar presiden diintervensi partai. ”Jelas ini tidak adil, tapi inilah realitas politik kita,” kata Diasma.

Dia menanggapi berbagai serangan yang ditujukan kepada PDI Perjuangan sebagai pihak yang sering menekan Presiden Jokowi. Dia mengajak semua pihak melihat secara jernih, sejak penentuan capres hingga penyusunan kabinet pun, PDI Perjuangan menghormati hak prerogratif presiden dalam menentukan sikap dan pilihannya.

Bahkan, tambahnya, kerelaan sebagai partai pengusung dan pemenang pemilu, terlihat dari keterwakilan kader PDI Perjuangan di empat pos kementerian. ”Ini menjelaskan PDI Perjuangan dengan penuh kesadaran tidak memaksakan kekuasaannya, karena adanya kesadaran bahwa mengelola Indonesia tidak bisa sendiri tetapi bersama-sama segenap eleman bangsa yang lainnya,” ujar Diasma menjelaskan.

Menurut dia, apa yg diperjuangkan PDI Perjuangan lebih pada aspek ideologi, bagamana Indonesia berdaulat, berdikari dan berkepribadian. (pri/*)