Puan: Mari Perangi Kekerasan pada Anak

image

JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut memerangi kekerasan terhadap anak. Puan menjelaskan, pemerintah berharap anak-anak Indonesia bisa tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang mendukung.

“Diperlukan komitmen bersama dari semua pihak untuk menanggulangi kekerasan terhadap anak,” kata Puan Maharani usai acara “Walk for Children” di Jalan MH Thamrin Jakarta, Ahad (26/4/2015).

Puan menjelaskan, dalam memerangi kekerasan terhadap anak perlu peran semua pihak mulai dari pemerintah, perguruan tinggi, legislatif, media massa, organisasi sosial dan seluruh lapisan masyarakat. “Dengan sinergi yang baik kita harapkan segala bentuk kekerasan terhadap anak dapat dihapuskan,” katanya.

Dengan demikian, tambah dia, diharapkan anak-anak Indonesia bisa bertumbuh kembang dengan baik dan menjadi generasi Indonesia yang percaya diri, kreatif dan berkepribadian. Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait sebelumnya mengatakan bahwa aksi kekerasan terhadap anak kian mengkhawatirkan.

“Contohnya adalah kekerasan seksual pada anak hingga kasus perdagangan manusia yang korbannya merupakan anak-anak,” katanya.

Untuk itu, Komnas Perlindungan Anak, kata dia, menilai perlu adanya gerakan bersama untuk melawan segala bentuk kekerasan terhadap anak. (Republika)