Puan: Kader PDIP Solid Inginkan Megawati Ketum Lagi

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan nonaktif Puan Maharani menegaskan, para kader PDIP solid mendukung Megawati Soekarnoputri tetap menduduki kursi ketua umum (ketum). Keputusan soal itu akan ditetapkan dalam Kongres V PDI Perjuangan di Bali pada Agustus mendatang.

“Insya Allah kita semua solid masih berharap Ibu Mega berkenan untuk kembali menjadi ketua umum,” kata Puan kepada wartawan usai rapat dengan Badan Anggaran di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

“Tentu saja dengan penguatan-penguatan lain untuk bisa mempersiapkan PDIP bersinergi dengan pemerintah yang akan datang,” imbuh Puan.

Politisi yang juga Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini pun tak membantah soal adanya wacana penunjukan ketua harian atau wakil ketua umum di periode mendatang.

Soal wacana posisi baru di kepengurusan ini juga akan diputuskan dalam kongres. “Usulan itu ada,” ujarnya.

“Yang pasti kita semua tetap solid dan ini penguatan kongres bukan berarti akan terjadi hal-hal yang membuat PDIP nggak solid. PDIP solid,” tegas Puan.

PDIP rencananya menggelar Kongres V pada Agustus 2019. Kongres PDIP sendiri sedianya digelar pada 2020, tapi dipercepat menjadi 8-10 Agustus 2019 di Bali.

Megawati Soekarnoputri sendiri diprediksi bakal terpilih kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan pada Kongres V. Hal ini terbukti dari bulatnya suara para jajaran pengurus pusat dan daerah untuk kembali menunjuk Presiden ke-5 RI tersebut sebagai ketua umum .

Para kader PDI Perjuangan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sudah menegaskan untuk mencalonkan kembali Megawati untuk menjabat kembali di periode mendatang.

Seperti disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi saat berlangsung acara Rakerda PDIP Jatim Minggu (23/6/2019). Di depan peserta se-Jatim, Kusnadi menegaskan, jajaran pengurus PDIP se-Jatim sepakat mencalonkan Megawati  sebagai Ketum.

“Jawa Timur hanya akan mencalonkan satu-satunya Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024, Ibu Megawati Soekarnoputri. Disamping sebagai calon tunggal, segala keputusan nanti diserahkan kepada beliau sepenuhnya,” kata Kusnadi. (goek)