Presiden – Ketua DPD PDI Perjuangan Akan Bertemu 3 Bulan Sekali

pdip jatim - presiden jokowi di kongres iv

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri pembukaan Kongres IV PDI Perjuangan di Bali, 9 April 2015

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyanggupi bertemu dengan 34 Ketua DPD PDI Perjuangan se-Indonesia rutin tiga bulan sekali. Kesanggupan Presiden Jokowi itu disampaikan di depan Ketua DPD saat Kongres IV PDI Perjuangan di Bali pekan lalu.

Saat pertemuan di Kongres Bali, 34 DPD PDI Perjuangan seluruh Indonesia sepakat untuk terus mengawal Presiden Jokowi dalam menjalankan pemerintahan lima tahun ke depan. Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat TB Hasanuddin, pihaknya akan memperbaiki komunikasi antara seluruh ketua DPD dengan pemerintah dalam hal ini Jokowi sebagai presiden.

Nantinya, sebut TB Hasanuddin, 34 Ketua DPD seluruh Indonesia akan secara rutin menyampaikan situasi di daerahnya. “Itu secara rutin Pak Jokowi yang menawarkan tiap tiga bulan sekali ketua DPD akan ketemu dengan presiden,” ungkap TB Hasanuddin kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Kesepakatan pertemuan rutin itu, jelas TB Hasanuddin, sebagai bukti terkoreksinya pola komunikasi antara pemerintah dengan partai pendukungnya. Kapasitas Jokowi saat menghadiri Kongres IV dan saat memimpin pertemuan dengan pimpinan DPD, ujarnya, adalah sebagai petugas partai dari ranah eksekutif.

“Kita telah perbaiki (pola) komunikasi. Dari daerah-daerah akan melaporkan situasi dan kondisi yang berkembang dan itu menjadi bagian untuk mengumpulkan data dalam konteks pembangunan,” terang anggota Komisi I DPR RI itu.

Seperti diberitakan, usai acara pembukaan Kongres IV, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bertemu dengan 34 Ketua DPD PDI Perjuangan. (pri/*)