Presiden Berharap Setiap Kota Miliki Kebun Raya

pdip jatim - Istana BogorJAKARTA – Presiden Joko Widodo berharap setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia bisa mencontoh Bogor yang memiliki kebun raya yang membuat suasana asri di tengah kesibukan kota.

“Saya hanya membayangkan, apabila tiap kota, kabupaten ada kebun raya seperti ini,” kata Jokowi saat pidato Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia di Istana Bogor, Jumat.

Menurut dia, jika dulu bisa membangun kebun raya di tengah kota dan diharapkan sekarang setiap kota dan kabupaten bisa membangun hutan di tengah kota.

“Saya yakin, dan meyakini Insya Allah bisa kita lakukan,” tegas Jokowi di depan para undangan, penerima penghargaan Kalpataru dan penghargaan lingkungan lainnya.

Jokowi berharap setiap kota di seluruh Indonesia mencontoh Bogor yang memiliki Istana Bogor dan kebun raya yang memiliki suasana alam lestari di tengah jantung kota.

“Saya sampaikan, lingkungan Istana Bogor ini kan sebuah contoh betapa kalau kita bisa memelihara, merawat lingkungan hidup akan bisa nikmati suatu suasana alam lestari di tengah sibuknya kota besar Bogor,” katanya.

Dalam kesempatan ini, presiden menegaskan komitmen pemerintah meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup, sehingga harus ada pengaturan tata ruang.

“Tata ruang penting sekali, terutama yang saya lihat di lapangan, di sektor pertambangan, perhutanan, kelautan, ini yang banyak di lapangan perlu perhatian khusus,” kata presiden.

Jokowi menegaskan pengelolaan lingkungan ini juga diikuti langkah tegas terhadap pelaku kejahatan lingkungan hidup.

“Mari jadikan bumi sebagai tempat yang nyaman, bumi bisa mencukupi kebutuhan seluruh manusia, tapi tak akan cukup memenuhi kebutuhan segelintir orang yang serakah,” tegas Presiden. (Antara)