PPP dan PAN Bakal Merapat Sebelum Pelantikan Jokowi-JK

PDIP Jatim - hastokristiyantoSEMARANG — Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yakin Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan merapat sebelum pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang.

Hasto mengatakan keyakinan itu muncul setelah melihat perkembangan komunikasi antara PDI Perjuangan dan kedua partai tersebut. “Jangankan sebelum 20 Oktober, menjelang 1 Oktober kita harap konfigurasi kekuasaan politik gotong royong dapat terwujud,” kata Hasto di sela-sela Rakernas IV PDI Perjuangan di Marina Convention Center, Semarang, Jumat (19/9/2014)..

Sinyal positif, ungkapnya, diperlihatkan PPP dan PAN dengan kehadiran elite kedua partai itu dalam pembukaan Rakernas IV. Meski masih bagian dari Koalisi Merah Putih, kedua partai itu dia nilai memiliki keinginan membantu pemerintahan Jokowi-JK.

Dia menambahkan, PDI Perjuangan berharap dukungan PPP dan PAN dapat segera mendapatkan kepastian. Dukungan ini akan memperkuat keinginan merancang berbagai kebijakan bersama-sama dan membuat posisi di parlemen lebih stabil.

“Tentu kami berharap sehingga kerja sama di parlemen dan pemerintahan akan semakin terbuka,” ucapnya.

Dia berharap silaturahmi politik dengan kehadiran PAN dan PPP dapat berlanjut dengan kerjasama politik. Komunikasi menurut Hasto akan dilanjutkan. “Sehingga kerjasama di parlemen pemerintahan akan semakin terbuka. Momentum gotong royong untu menunjukan Jokowi-JK pemimpin rakyat seluruh Indonesia,” tambahnya.

Diberitakan, perwakilan pengurus PAN yang hadir dalam acara pembukaan rakernas adalah Waketum PAN Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN di DPR Tjatur Sapto Edy. Sedang dari PPP tampak Ketum Emron Pangkapi bersama Wasekjen Isa M. Kedatangan tokoh parpol dari Koalisi Merah Putih ini disambut hangat peserta rakernas. (pri)