PKB Dukung Jokowi, Hasto: Keputusan yang Tepat

JAKARTA – PDI Perjuangan menyambut baik dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Pilpres 2019 mendatang.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) selaku Ketua Umum PKB telah mengambil keputusan yang tepat terkait keputusannya untuk bergabung dengan koalisi Jokowi itu.

“Mas Muhaimin Iskandar mengambil keputusan pada momentum yang tepat,” kata Hasto dalam siaran persnya, kemarin.

Dengan bergabungnya PKB ini, kata Hasto semakin memantapkan persiapan koalisi partai pengusung Jokowi untuk menyiapkan langkah menghadapi Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

“Pileg dan Pilpres yang berjalan serentak memerlukan koordinasi dan kerja sama yang makin solid diantara seluruh parpol pengusung Pak Jokowi,” ujarnya.

“Kami segera melangkah cepat dengan menggunakan momentum dukungan PKB yang selama ini kami tunggu. Kini telah terakumulasi 65.2 persen dukungan bagi Jokowi. Ini modal politik penting bagi efektivitas pemerintahan ke depan,” jelas Hasto.

Dia juga bercerita terkait pertemuan antara Cak Imin dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Selasa lalu.

Megawati kata Hasto bahkan sempat menanyakan langsung kepada Cak Imin terkait waktu bergabung PKB secara resmi dengan parpol pengusung Jokowi.

“Dalam pertemuan itu, Ibu Megawati memang menanyakan kepada Mas Muhaimin Iskandar agar segera bergabung. Apalagi sambil bersenda gurau, Ibu berulang kali menyebut toh Cak Imin ini sudah seperti keluarga sendiri dan sudah semakin terkenal,” kata dia.

Sebelumnya PKB resmi bergabung dengan koalisi partai politik pendukung Joko Widodo di Pilpres 2019.

Dukungan kepada Jokowi itu disampaikan langsung oleh Cak Imin di hadapan Jokowi saat keduanya bersama-sama meninjau persiapan Asian Games di Palembang.

“Iya, resmi (resmi mendukung Jokowi),” kata Wakil Sekertaris Jenderal PKB Daniel Johan saat dikonfirmasi. (goek)