Pilkada Jadi Ajang Latihan bagi Caleg Menangkan Jago PDIP di Dapilnya

JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, pilkada serentak 2018 bisa menjadi pelajaran bagi para calon anggota legislatif (caleg) untuk melihat lapangan dan belajar. Tak kalah pentingnya, yakni melakukan pendekatan ke masyarakat.

“Bagi yang ingin maju legislatif, sebenarnya hari-hari ini adalah penggalangan dan pembelajaran untuk masing-masing memenangkan dapil-dapil yang ada melalui pilkada-pilkada yang sedang berjalan,” kata Megawati.

Hal itu dia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Keamanan di Kantor DPP PDI Perjuangan, kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Presiden ke-5 RI itu juga menyampaikan, kader PDI Perjuangan harus bisa memenangkan pilkada yang sekarang berlangsung di 171 daerah di seluruh Indonesia.

Menurut Megawati, PDIP sedikitnya harus bisa meraih kemenangan 50 persen dari 171 daerah yang akan melangsungkan Pilkada 2018. Agar target itu tercapai, Mega meminta agar semua kader bekerja keras.

“Kalau kita terus bekerja keras untuk merebut kemenangan, dari 171 saya mempunyai harapan, di sekitar 50 persen, kita sudah dapat itu luar biasa,” ucap Megawati

Pada kesempatan itu, Megawati juga minta kader PDIP agar tidak lengah dan memerhatikan perkembangan situasi politik nasional.

“Di bidang politik dan keamanan ini, kita jangan lengah. Karena kita bukan hanya berdiri sendiri. Kita mesti tahu situasi politik dan keamanan, yang terjadi di dalam negeri kita,” ujarnya.

Dia menuturkan, banyak orang yang berkeinginan maju sebagai orang nomor satu ataupun dua di Indonesia. Itu hal yang sah saja.

“Kalau saya melihat bahwa akibat begitu banyaknya keinginan, dari begitu banyak orang, tentunya di dalam rangka menjalankan proses demokrasi ini, mereka tentunya berkeinginan untuk menjadi orang pertama dan kedua republik ini. Untuk hal itu saya katakan, dimanapun hal itu sah-sah saja,” ungkap Megawati.

Namun, dia mengingatkan, jangan sampai terjadi perpecahan. Persatuan harus dikedepankan.

“Tetapi tentunya yang kami inginkan, dan itu selalu saya katakan, tetap kita harus menjaga persatuan bangsa. Bukan kita melakukan hal-hal yang tidak diinginkan,” tukasnya.

Megawati pun meminta para kader bisa menjaga nama baik partai. Dia juga mengingatkan agar kader tak asal bicara.

“Sehingga tentunya juga dari setiap insan yang berada di PDI Perjuangan. Hal ini patut diingat. Jangan memberi nama buruk partai, lalu jangan berbicara sepertinya berbicara soal partai, padahal untuk keuntungan dirinya,” ucapnya. (goek)