oleh

Pilkada Banyuwangi 2020, PDI Perjuangan Usung Ipuk Fiestiandani-H Sugirah

-Berita Terkini-14 kali dibaca

BANYUWANGI– Ipuk Fiestiandani, istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk maju sebagai calon bupati pada Pilkada Kabupaten Banyuwangi 2020.

Sedangkan untuk calon wakil bupati diserahkan kepada Bendahara DPC PDI Perjuangan Banyuwangi H Sugirah. Saat ini Sugirah menjadi anggota Fraksi PDIP DPRD Banyuwangi.

Rekomendasi surat Nomor 1659/IN/DPP/VII/2020 tertanggal 2 Juli 2020 itu ditandatangi Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Saat dihubungi wartawan, H Sugirah mengaku jika surat rekomendasi tersebut sudah diserahkan pada saat rapat internal DPC PDI Perjuangan, Minggu (5/7/2020). “Kemarin surat rekomendasi sudah diserahkan,” kata Sugirah.

Dia mengaku sempat terkejut saat tahu surat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan menunjuknya sebagai calon Wakil Bupati Banyuwangi mendampingi istri Bupati Anas, Ipuk Fiestiandani. Karena selama ini ia merasa tidak pernah melakukan lobi politik.

Namun sebagai kader partai, Sugirah mengaku siap menjalankan semua tugas kepartaian termasuk maju di Pilkada Banyuwang. “Saya ini sudah jadi kader sejak moncong putih lahir. Jadi sudah cukup lama sekali. Karena itu saya siap untuk menjalan semua tugas partai,” ujarnya.

Dia pun sudah mengenal baik Ipuk sebagai istri Bupati Anas dan sudah beberapa kali menjalin komunikasi terkait rencana untuk pemenangan di Pilkada Banyuwangi.

“Saya kenal baik sama Mas Anas termasuk dengan Ibu Dani. Kami sudah beberapa kali berkomunikasi. Istri saya juga akrab dengan Ibu Dani,” jelasnya.

Sugirah adalah politisi yang memiliki latar belakang sebagai petani jeruk dan buah naga. Pria ini sudah tiga periode menjadi anggota DPRD Banyuwangi.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Banyuwangi I Made Cahyana Negara mengatakan dengan adanya surat rekomendasi tersebut, DPP PDI Perjuangan juga memerintahkan pada seluruh jajaran DPC Banyuwangi, hingga pengurus tingkat bawah untuk menjalankan, mengamankan dan memenangkan pasangan tersebut.

Made menambahkan, meski dari jumlah kursi PDIP Banyuwangi bisa mengusung calon sendiri, namun pihaknya masih membuka pintu koalisi dengan partai lain. Menurutnya, hingga saat ini yang jelas telah menyatakan berkoalisi dengan PDIP adalah dari Partai Nasdem.

“Yang lainnya masih tahap penjajakan dan komunikasi. Tunggu saja kabar selanjutnya,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Deni Wicaksono membenarkan turunnya surat rekomendasi tersebut.

“Betul, suratnya sudah turun untuk Banyuwangi kepada pasangan Ipuk Fiestiandani dan Sugirah,” kata Deni, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (5/7/2020) malam.  (goek)

rekening gotong royong