Pilkada 2017, PDIP Kota Batu Utamakan Kader

pdip-jatim-ilustrasi-pilkadaBATU – DPC PDI Perjuangan Kota Batu akan mengutamakan kader partai sebagai kandidat yang diusung dalam pilkada serentak 2017. Beberapa nama nama kader PDIP setempat dinilai memiliki peluang yang sangat tinggi sebagai bakal calon wali kota.

Beberapa nama kader PDI Perjuangan itu, di antaranya Dewanti Rumpoko (Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang juga Istri Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko), Suliadi (Mantan Ketua DPRD Batu), dan Punjul Santoso (Wakil Wali Kota Batu saat ini).

Sekertaris DPC PDI Perjuangan Kota Batu Wito Argo mengatakan, pihaknya tidak akan kesulitan dalam menentukan siapa yang akan diusung di pilkada tahun depan. Menurutnya, semua kandidat harus lolos dari tahapan penjaringan di tingkat bawah sebagai faktor penentu untuk langkah selanjutnya.

Kandidat yang terjaring nanti, jelas dia, akan diuji di tingkat DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, sebelum dikirimkan ke dewan pimpinan pusat (DPP) di Jakarta.

Soal koalisi parpol, juga atas petunjuk DPD Jatim. “Tapi jika menentukan tidak berkoalisi, maka akan diusung pasangan calon sendiri. Sebab PDI Perjuangan Kota Batu sudah memenuhi syarat lima kursi di DPRD,” kata Wito, kemarin.

Soal kepastian siapa yang akan diusung, Wito mengungkapkan baru nanti akan diketahui pada bulan Juli atau Agustus saat KPU membuka pendaftaran. Hal ini sesuai dengan waktu yang dibutuhkan untuk proses dan tahapan penjaringan yang dilakukan DPC hingga dikeluarkannya rekom dari DPP PDI Perjuangan.

Saat ini pihaknya mulai melakukan pemetaan politik menjelang pelaksanaan Pilwali Batu yang serentak dengan daerah lain pada Februari 2017. Hal itu, sebut dia, sesuai dengan instruksi DPP PDI Perjuangan sebagai acuan dan pertimbangan strategis menentukan keputusan partai.

Rencananya, laporan pemetaan politik Kota Batu tersebut akan disampaikan ke DPP PDIP pada akhir bulan Februari 2016 ini. “Kalaupun ada penundaan paling awal bulan Maret nanti laporan ke DPP soal peta politik sudah kami kirimkan,” jelasnya.

Sementara, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Simon Purwoali menambahkan, proses penjaringan dilakukan dengan cara nanti setiap ranting diminta mengusulkan tiga calon kepala daerah.

“Sekarang ranting sudah menentukan siapa saja calon yang diinginkan. Jadi nanti kita tunggu siapa nanti cawali dan cawawali yang akan dikirim ke DPP,” ujarnya. (goek/*)