Petani Tebu Berharap Besar ke Jokowi

pdip jatim - jokowi dialog dgn petani tebuJEMBER – Harapan petani tebu kepada presiden terpilih Joko Widodo untuk mengangkat nasib petani dan menyelesaikan berbagai masalah pertanian sangat besar. Hal itu terungkap di acara Jagongan Petani di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S), di Padepokan Arum Sabil, Tanggul, Jember, Selasa (7/10/2014) sore.

Seperti diungkapkan Anto Sudibyo, petani tebu asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang datang ke Jember khusus untuk menyampaikan keluh-kesah mereka ke Jokowi. Anto yaang datang bersama 40-an petani tebu Blora itu mengaku sangat berharap, dan yakin Jokowi akan bisa membantu menyelesaikan persoalan petani.

Menurut Anto, pemerintah sekarang tidak pro-petani. Karena, sebut dia, Departemen Perdagangan sudah mengimpor 3,5 juta ton gula. “Itu untuk tahun sekarang saja. Mohon bapak begitu dilantik (sebagai presiden), kebijakan tersebut harus segera direvisi, dan bila perlu distop,” tandas Anto.

Kalau Jokowi setelah dilantik jadi presiden tidak bisa menyelesaikan masalah petani, katanya, dia yakin presiden yang akan datang impossible bisa menyelesaikan masalah bangsa Indonesia. “Harapan masyarakat kepada bapak begitu besar. Bapaklah ‘wajah kami’, bapak adalah ‘ratu adil’, bapak adalah ‘mesias’, bapak adalah ‘imam mahdi’ bagi para petani,” ujarnya.

Baca juga: Dengar Langsung Keluhan Petani, Jokowi Segera Ambil Kebijakan Pro Rakyat

Menanggapi harapan petani, Jokowi menyatakan siap menindaklanjuti seluruh keluhan para petani tebu. Apalagi, katanya, jika setelah di-cek, keluhan petani itu benar.

“Saya dulu jadi wali kota juga begitu, jadi gubernur juga begitu, sering turun langsung, agar tahu apa problem sebenarnya. Nanti setelah dilantik, saya cek mengenai impor tersebut. Kalau memang benar dan perlu distop, ya kami stop,” tegasnya, disambut teriakan kegembiraan ribuan petani yang hadir di acara tersebut.

Sebelum ke Jember, Jokowi menghadiri acara HUT TNI di Surabaya. Dia didampingi beberapa tokoh, di antaranya mantan Menperindag Rini Sumarno, dan Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Hadir juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, serta pengurus DPC PDI Perjuangan Jember dan sekitarnya. (pri)

Foto-foto jagongan petani, klik: di sini