oleh

Peserta Gowes Sehat PDI Perjuangan Jatim Jalani Swab Test Antigen

SURABAYA – Menjelang acara gowes sehat pada Minggu (28/2/2020), para peserta menjalani swab test antigen di ruang kesehatan Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sabtu (27/2/2021) petang. 

Swab bagian dari seluruh rangkaian acara bersepeda santai yang digelar digelar DPD Jatim. 

Dalam arti, partai mewajibkan para peserta gowes menjalani swab untuk bisa mengikuti olahraga santai tersebut. Nomor antrean peserta swab test antigen sekaligus menjadi nomor peserta sepeda santai. 

Menurut Ketua Panitia Sepeda Sehat Eddy Tarmidi, peserta swab sekaligus peserta gowes adalah para kader partai. Baik dari struktural DPD, badan-badan partai maupun organisasi sayap, termasuk dari fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim. 

“Bersepeda sehat besok pagi adalah acara internal partai. Kegiatan ini untuk menjaga kebugaran tubuh dan penguatan imun para kader-kader Partai agar tetap maksimal dalam melayani masyarakat,. Karena saat ini masih situasi pandemi, maka kami lakukan swab test antigen” kata Eddy Tarmidi. 

Pada pelaksanaan sepeda sehat besok, panitia menerapkan pengaturan jarak. Teknisnya, kata Eddy, pada saat pelepasan peserta di titik start dibuat bergelombang. “Agar tidak terjadi kerumunan,” ujarnya. 

Swab test peserta dimulai jam 17.00 hingga selesai dilakukan tim kesehatan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Jatim. 

Sekretaris Baguna dr Bayu Utoro mengatakan, swab test antigen dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus dari sampel pada saluran pernapasan. “Sejauh ini sudah ada empat puluhan peserta yang kami lakukan swab tes antigen,” sebut Bayu. 

Rupa-rupa komentar dari peserta yang mengikuti swab test petang ini. Sapto, kader partai asal Jemursari mengaku dirinya sudah enam kali ini menjalani swab. “Ya nggak terasa. Mungkin karena ini bukan yang pertama di-swab,” katanya. 

Lain Sapto lain pula pengakuan Andi. Pengurus Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPD ini, ia merasa geli saat menjalani swab. “Geli-geli gimana gitu. Serasa ingin bersin,” selorohnya. (hs)