Pesan Lebaran Jokowi

pdi jatim - jokowi salat ied“ASSALAMUALAIKUM warahmatullahi wabarokatuh,

Saya Joko Widodo dan keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin. Mari sucikan hati kembali ke fitri.

Wassalamualaikum warahmahtullahi wabarokatuh.”

Petikan pesan Lebaran itu disampaikan Jokowi agar masyarakat Indonesia memanfaatkan momen ini untuk mensucikan hati. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar kembali bersatu padu tanpa mengkotak-kotakkan perbedaan pasca Pilpres 2014.

Pesan tersebut diambil di kediamannya, Jl Kutai Utara, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/7/2014) sebelum bertolak ke Jakarta.

Jokowi melaksanakan Salat Id di Balai Kota DKI Jakarta bersama istrinya Iriana Widodo dan jajaran Pemprov DKI. Sampai sekarang dia masih menjabat Gubernur DKI hingga jadwal pelantikannya sebagai presiden RI ketujuh pada 20 Oktober nanti.

Meski sudah ditetapkan menjadi presiden terpilih, Jokowi belum menetapkan pembagian tugas dengan wakilnya, Jusuf Kalla. Terlebih lagi mengenai nama-nama menteri pengisi kabinet pemerintahannya kelak.

“Nanti setelah dilantik (pembagian tugasnya). Nanti scope-nya lebih luas. Sampai saat ini saya belum bicara menteri,” terang Jokowi kepada wartawan saat masih di kediamannya, Solo.

Pihaknya terbuka dengan semua partai dalam mencari sosok yang tepat untuk menduduki kursi kementerian sesuai kompetensinya. Dirinya juga belum dapat memastikan apakah nanti akan merampingkan jumlah kementerian atau tidak agar berjalan lebih optimal.

“Kita terbuka dengan partai apapun, tapi akan bicara dulu dengan partai penyokong. Bisa merampingkan bisa tidak kementerian itu,” lanjutnya.

Besar kemungkinan, nama-nama kandidat mulai akan dikumpulkan dan diseleksi usai Lebaran. (pri/*)