Pesan Ganjar pada Cakada PDIP: Ora Usah Ndakik-ndakik, Sing Konkret Wae

BLITAR – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi pesan kepada calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Pesan ini dia sampaikan usai nyekar makam Bung Karno di Kota Blitar, Sabtu (7/11/2020) malam.

Ganjar mengatakan, jika sudah terpilih sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam pilkada tahun ini, beberapa sektor yang harus menjadi sasaran prioritas pembangunan adalah pendidikan dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Ini, Trik Nenek Penjual Rengginang Kediri Agar Ganjar Borong Dagangannya

Dia menyebut, isu-isu seperti pendidikan, di mana anak sekolah saat ini butuh kuota internet. Masalah yang muncul, di antaranya jika kuota internetnya habis, maka anak-anak sekolah tentu tidak bisa bersekolah dengan baik.

“Problem-problem ini dibutuhkan solusi. Jadi kepala daerah yang terpilih nanti harus bisa memberikan solusi konkret. Jadi judule ora usah ndakik-ndakik, sing konkret wae (jadi tidak usah muluk-muluk, yang konkret saja),” tegas Ganjar Pranowo.

Gubernur yang juga politisi PDI Perjuangan ini pun minta calon kepala daerah menghadirkan iklim kesejukan untuk menciptakan pilkada yang jujur, adil dan berkualitas dengan semangat kerukunan, persatuan dan gotong royong.

“Pandemi Covid-19 belum selesai, ayo bersama-sama kita jaga persatuan. Sekarang ini yang dibutuhkan adalah persatuan, gotong royong dan kemanusiaan,” ujarnya.

“Untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat kita semua harus bergotong royong. Di mana pun berada saya selalu menyampaikan pesan kerukunan dan persatuan, karena persatuan ini penting,” tambah dia.

Selama nyekar di Makam Bung Karno, Ganjar ditemani sejumlah pimpinan dan kader PDIP Kota  Blitar dan Kabupaten Blitar. Di antaranya Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Rijanto-Marhaenis Urip Widodo, dan Calon Wali Kota Blitar Santoso.

Sebelum ke Blitar, Ganjar sudah mampir ke Ngawi, Ponorogo, dan Kediri. “Karena sudah dekat, jadi terus ke Blitar untuk ziarah ke Makam Bung Karno, sekaligus juga mau ketemu banyak teman yang akan berkontestasi di Pilkada 2020 ini,” terang Ganjar kepada wartawan.

Sementara itu, Calon Bupati Blitar Rijanto mengaku kehadiran dan pesan yang disampaikan Ganjar Pranowo memberikan suntikan semangat kepada dirinya dan Marhaenis Urip Widodo. Dirinya siap menyukseskan dan menjaga kondusivitas pilkada serentak dengan persatuan dan kesatuan.

“Pilkada serentak harus berjalan sukses di tengah pandemi Covid-19. Di pelaksanaan pilkada tahun ini kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

“Kami sebagai paslon apabila terpilih nanti tentu harus menerapkan program kerja yang menyentuh dan mensejahterakan masyarakat. Kita harus bisa membuat Kabupaten Blitar yang sudah bagus ini semakin maju dan berdaya saing menuju Blitar Apik Kang Kawentar,” kata Rijanto. (goek)