Pertemuan Jokowi-Lembaga Tinggi Negara Awal yang Positif

pdip jatim - tjahjo kumolo - sidoarjoJAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, penguatan fungsi-fungsi kelembagaan sangat penting untuk meningkatkan kehidupan politik ketatanegaraan NKRI. Tjahjo menyebut, pertemuan MPR, DPR dan DPD serta presiden terpilih Joko Widodo sebagai langkah awal yang sangat positif antar lembaga negara.

“Kita patut mengapresiasi inisiatif ketua MPR, DPR dan DPD serta Pak Jokowi memasuki tahapan persiapan pelantikan dan tahap awal jalannya pemerintahan demokratis yang diemban dengan amanah oleh Pak Jokowi,” kata Tjahjo Kumolo, Sabtu (11/10/2014).

Pernyataan itu dia sampaikan merespons pertemuan Jokowi dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Setya Novanto, dan Ketua DPD RI Irman Gusman di Jakarta pada, Jumat (10/10/2014) lalu.

Menurut Tjahjo, sebagaimana yang disampaikan Jokowi yang setelah dilantik nantinya siap untuk membangun komunikasi intensif setidaknya tiap bulan sekali dengan lembaga tinggi negara tersebut.

Komunikasi yang akan dibangun Jokowi itu khususnya dalam upaya merumuskan bersama dan saling koreksi/kritik membangun terkait program-program pembangunan sebagaimana keputusan politik pembangunan presiden Jokowi mendatang. Hal itu, kata Tjahjo, tentunya perlu dikontrol lembaga tinggi negara seperti MPR, DPR, DPD yang merupakan representatif perwakilan rakyat.

“Program pak Jokowi pasti pro-rakyat yang tentunya sama dengan aspirasi rakyat melalui DPR, MPR dan DPD,” jelas Tjahjo. (pri/*)