Pertemuan Batu Tulis Tepis Kabar Renggangnya Komunikasi Jokowi dan Megawati

JAKARTA — Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bertemu di Istana Batu Tulis, Bogor, Minggu (8/7/2018). Dalam pertemuan selama 1 jam 50 menit tersebut, keduanya membahas sejumlah topik.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan, topik yang dibahas antara Megawati dengan Jokowi di antaranya kunjungan Presiden Bank Dunia, Persiapan Asian Games serta berbagai agenda strategis bangsa dan negara, termasuk pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019.

Hasto juga menyebutkan, pertemuan itu sekaligus menepis berita miring mengenai komunikasi kedua tokoh bangsa tersebut.

“Pertemuan Batu Tulis itu menepis berbagai anggapan dari berbagai pengamat politik yang mencoba membuat jarak, bahkan memisahkan antara Presiden Jokowi dengan Ibu Megawati dan PDI Perjuangan,” kata Hasto, Senin (9/7/2018).

Hasto melanjutkan, kepemimpinan Jokowi dan Megawati saling melengkapi satu sama lain dan merupakan satu kesatuan. Megawati dikenal kokoh dalam prinsip dan orientasi politiknya selalu kepada rakyat.

Sementara Jokowi juga merupakan seorang teknokrat dengan model kepemimpinan yang merangkul, membangun dialog dan mengupayakan mendorong pembumian Pancasila dalam aktivitasnya.

“Kedua pemimpin bangsa tersebut, dengan demikian, saling melengkapi, bersinergi, dan disatukan oleh ikatan emosional dengan Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia,” jelas Hasto.

Terkait pilpres, Hasto mengatakan, Jokowi sudah mengantongi nama yang akan dijadikan sebagai calon wakil presidennya.

“Berkaitan dengan siapa yang akan diputuskan sebagai cawapres, nama sudah mengerucut dan sudah dikantongi Pak Jokowi,” ujarnya. (goek)