oleh

Permudah Akses Petani, Untari Dorong BUMDes Produksi Pupuk

-Berita Terkini, Legislatif-79 kali dibaca

MALANG – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP mendorong BUMDes untuk memproduksi pupuk, untuk mempermudah akses petani di masing-masing desa dalam mendapatkan pupuk.

“Untuk urusan pupuk, saya ingin serius terkait ini. BUMDes saya harapkan kelak dapat memproduksi pupuk. Soal dana bisa kita carikan dari luar atau dari dana desa yang ada juga bisa. Sehingga petani juga bisa sejahtera,” tandas Untari.

Hal itu dia sampaikan, di sela melaksanakan reses di Balai Desa Gandungsari, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Selasa (2/3/2021). 

Acara reses tersebut dihadiri perangkat kecamatan dan desa, tokoh-tokoh masyarakat, hingga warga. Kegiatan tersebut berlangsung dengan memperhatikan protokol Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. 

Persoalan lain yang jadi fokus dialog dalam reses, yakni mengenai koperasi. Dia menekankan pentingnya koperasi sebagai wadah untuk bekerja sama dan bergotong royong.

“Saat ini adalah masa pemulihan ekonomi, masanya kita bekerja sama dan bergotong royong. Maka kita perlu sebuah kelembagaan di dalamnya juga ada sebuah proses kerjasama yang kreatif yaitu koperasi,” terang Untari.

Persoalan tanah, tambah Untari, juga menyita perhatiannya. Yakni Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, sampai dengan hari ini tidak memiliki wilayah. 

“Tadi ada desa yang tidak memiliki wilayah. Ini kan berbahaya ketika desa tidak memiliki wilayah,” ujarnya.

Legislator yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini tegas menyatakan kesiapannhya untuk membantu secara keseluruhan proses kepemilikan tanah desa tersebut.

“Oleh karena itu perlu untuk kita bantu secara keseluruhan, bagaimana sebuah desa ini dapat hidup kedepannya” tegas Untari.

Dia juga menegaskan komitmennya untuk memperhatikan desa-desa di wilayah Kabupaten Malang. “Ini sesuai amanah Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri, untuk betul-betul memperhatikan desa,” pungkasnya. (ace)