Peringati Sumpah Pemuda, DPC Nganjuk: Waspadai Radikalisme dan Intoleransi

NGANJUK – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk memperingati Sumpah Pemuda di Sekretariat DPC, Jalan Puhserut, Kamis (31/10/2019).

Peringatan sumpah pemuda yang dibuka langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Nganjuk Tatit Heru Tjahyono ini mengusung tema “Dengan Semangat Hari Sumpah Pemuda mari kita perkokoh rasa persatuan dan kesatuan untuk menangkal menolak paham intoleransi, radikalisme dan terorisme.”

Acara ini juga dihadiri Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDI Perjuangan  Nganjuk Nurwadi Nurdin, dan jajaran pengurus lainnya, serta PAC PDIP se-Kabupaten Nganjuk.

Tatit mengatakan, memaknai Sumpah Pemuda kali ini, dia mengajak para pengurus baik di tingkat PAC maupun tingkat ranting, agar mengantisipasi masuknya intoleransi, radikalisme, yang berujung pada kekerasan.

“Saya melihat di Nganjuk paham seperti itu sudah mulai terlihat, dan itu harus diwaspadai,” kata Tatit.

Dia menjelaskan, intoleransi, radikalisme dan terorisme harus dilawan bersama-sama, karena akan merusak keutuhan NKRI yang sudah dibangun dengan susah payah.

“Saya akan mengambil langkah agar eksekutif segera membuat peraturan tentang larangan paham tersebut agar tidak ada peluang dan tempat di Nganjuk,” tegas Tatit.

Menurut dia, perlunya aturan dibuat agar tidak salah dalam melakukan tindakan, dan hal ini dipandang perlu agar peluang paham tersebut tidak bisa berkembang.

Sementara Wakabid Kehormatan Partai Nurwadi Nurdin menyampaikan, apa yang perlu diwarisi saat ini adalah apinya sumpah pemuda agar tetap berkobar, untuk mempersatukan bangsa ini agar tidak pernah redup.

“Inilah yang saya sampaikan tadi agar semangat dalam mempersatukan NKRI harus tetap dimiliki,” kata Nurdin

Ditandaskan, bahwa paham radikalisme yang saat ini disusupkan ke para pemuda adalah pemahaman yang sangat keliru, karena dasar negara kita adalah Pancasila dan bukan negara kilafah.

“Founding father kita yaitu Bung Karno dan Bung Hatta yang telah mewariskanya dan hal itu tidak boleh diubah, di sisi manapun dan tidak boleh bergeser sedikitpun,” tegasnya.

“Ayo kita semangati sumpah pemuda untuk keutuhan NKRI dan kemakmuran masyarakat secara keseluruhan,” ajak Nurdin. (endyk)