Peringatan Bulan Bung Karno Akan Rutin Digelar di Kota Blitar

BLITAR – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, rangkaian acara memperingati Bulan Bung Karno, bakal rutin digelar setiap tahun di Kota Blitar.

Hal itu disampaikan Megawati, saat menghadiri peringatan hari lahir Bung Karno 6 Juni, di area Makam Bung Karno di Kota Blitar, Senin (5/6/2017) malam.

Di depan ribuan kader PDI Perjuangan dari penjuru tanah air, Megawati mengungkapkan rasa bangganya, dan mengucapkan terima kasih kepada kader yang memadati komplek Makam Bung Karno.

Oleh karena halaman makam sudah penuh sesak, sebagian besar lainnya tidak bisa masuk, dan akhirnya menyaksikan lewat layar lebar di depan gerbang masuk makam.

Di acara yang juga dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj itu, Megawati menyatakan, kedatangan para kader dari penjuru tanah air ini atas kesadaran sendiri dan didasari semangat gotong royong.

Menurutnya, belum tentu partai politik lainnya bisa melakukan acara serupa. Yakni gotong royong menggelar rangkaian acara BBK, dan yang datang juga urunan untuk bisa datang ke Kota Blitar.

“Nanti setiap merayakan Bulan Bung Karno, akan selalu kita lakukan pertemuan semacam ini di sini,” kata Megawati, saat memberikan sambutan.

Baca: Megawati Bukber di Pendopo Kab Blitar

Peringatan hari lahirnya Bung Karno ini bagian dari rangkaian BBK. Juni dinamakan Bulan Bung Karno, karena sang Proklamator Kemerdekaan RI itu lahir 6 Juni dan wafat 21 Juni.

Hari kelahiran Pancasila pun diambil dari pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sore hari sebelumnya, Megawati Soekarnoputri buka bersama dengan kader partai, di Pendopo Kabupaten Blitar.

Menurut Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristyanto, kegiatan buka bersama ini sengaja dilakukan, selain memperingati rangkaian acara BBK, juga untuk menghormati bulan Ramadan.

“Ini juga sesuai pelaksanaan sila Ketuhanan yang Maha Esa, sila pertama Pancasila,” jelas Hasto. (Baca juga: Megawati Hadiri Peringatan Harlah Bung Karno di Blitar)

Dia juga mengatakan, kegiatan ini juga sengaja mengundang seluruh kader partai. Kegiatan ini juga bagian dari konsolidasi partai.

“Lebih-lebih di bulan Ramadan, kami ingin satukan seluruhnya. Menyatukan komitmen kepartaian dan mengambil hikmah dari seluruh nilai ketuhanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Peringatan Bulan Bung Karno ini juga diikuti pengurus PDIP dari penjuru Indonesia, dan pengurus Partai se-Jatim, serta anggota FPDIP pusat maupun daerah.

Hadir juga sejumlah kepala daerah di Jatim dari PDIP, serta Wagub Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (goek)