Perbaiki Pemerintahan, Jokowi Tampung Masukan Prabowo-Sandi Saat Debat

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo naik kereta api dari Stasiun Bandung menuju ke Cibatu, Garut, Jabar, Jumat (18/1/2019)

GARUT – Presiden Joko Widodo mengatakan, akan menampung masukan dari Prabowo-Sandiaga yang disampaikan dalam debat kandidat pilpres semalam. Jokowi menilai, masukan itu penting bagi perbaikan pemerintahannya kedepan.

“Jadi kalau ada kemarin masukan-masukan dari Pak Prabowo-Sandi, ya baik untuk perbaikan-perbaikan ke depan,” kata Jokowi kepada wartawan di sela kunjungan kerjanya di Garut, Jumat (18/1/2019).

Dalam debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Prabowo-Sandi sempat bertanya mengenai sejumlah permasalahan yang ada di pemerintahan Jokowi dalam empat tahun terakhir.

Prabowo, misalnya, sempat menyinggung soal perbedaan pendapat antarmenteri dan konflik kepentingan pada impor pangan. Sementara Sandiaga juga sempat bicara soal hukum yang dirasa berat sebelah pada era Jokowi.

“Kalau ada yang kurang itu yang akan kita perbaiki. Intinya ke sana,” kata Jokowi.

Secara keseluruhan, Jokowi mengaku puas dengan penampilannya bersama Ma’ruf Amin dalam debat semalam.

Menurut dia, Ma’ruf sebagai cawapres menjawab pertanyaan terkait teorisme dengan baik. “Jawab terorisme dari A sampai Z, dijawab semua sama Pak Ma’ruf,” kata calon presiden nomor urut 01 ini.

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir, mengatakan pasangan nomor urut 01 telah berhasil dalam debat pertama yang digelar Kamis (17/1/2019) malam.

“Alhamdulillah debat pertama ini berjalan dengan baik. Paslon kami saya rasa bisa menebarkan optimisme,” ucapnya.

Menurutnya, optimisme itu merupakan pondasi penting untuk kemajuan ekonomi Indonesia. Tak hanya kepada Jokowi, Erick juga menilai Ma’ruf Amin juga sudah baik memberikan solusi terbaik bagi rakyat.

Erick mencontohkan saat tema terorisme diangkat dalam debat itu. Dia menilai jawaban Mustasyar PBNU itu memberikan solusi dan menentramkan masyarakat Indonesia. (goek)