Perangi Jentik DB di Kabupaten Kediri, Eva Sundari Gerakkan Relawan 01

KEDIRI – Caleg nomor 5 DPR RI dari PDI Perjuangan yang juga anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin merespon usulan Relawan 01 Arek Jatim Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri untuk melakukan kampanye simpatik (soft campaign) dengan memerangi jentik nyamuk di lingkungan mereka.

Mereka mengusulkan itu setelah ditemukan tujuh pasien demam berdarah (DB) di Dusun Selorejo, Desa Surat. Relawan 01 Arek Jatim ini berinisiatif melakukan kampanye pemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko WIdodo-Ma’ruf Amin dengan menjadi relawan jumantik (juru pemantau jentik).

Kampanye door to door dilakukan pada Sabtu (23/2/19) dengan melibatkan 20 relawan. Mereka membagikan stiker tentang 3M+ dan abate untuk membunuh jentik di penampungan-penampungan air terutama bak mandi.

Respon masyarakat positif dan bahkan terbentuk kerumunan-kerumunan kecil di sepanjang jalan kampung untuk diskusi. 

Dari diskusi dengan masyarakat, relawan akan mengusulkan pembuatan perdes tentang pencegahan DB untuk Desa Surat. Perdes diharapkan akan membantu konsistensi dan keberlanjutan upaya-upaya para relawan jumantik dari unsur PKK maupun para muda-mudi di desa tersebut.

Para Relawan Relawan 01 Arek Jatim diminta masyarakat untuk memperluas aksi sosialisasi dan kampanye Anti DB di desa-desa lainnya di Kecamatan Mojo yang memang tercatat korban DB-nya tertinggi di Kabupaten Kediri.

“Saya setuju, tetapi Abate sulit dicari di Kabupaten Kediri. Alhamdulillah ada relawan yang menyumbang 1.000 bungkus dari Jakarta. Semoga ada donatur lainnya untuk Kediri,” kata Eva Sundari, dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/2/2019).

Sudarto, Ketua Relawan setempat mengatakan, di tahun politik ini harus diisi kegiatan yang produktif dan manfaat.

“Jentik nyamuk ini sekarang musuh bangsa karena taruhannya nyawa kita. Mengalahkan DB, kemenangan untuk Jokowi,” kata Sudarto. (guh)