oleh

Penyelesaian Masalah Banjir Masuk Skala Prioritas Renny Pramana

KEDIRI – Sejumlah perwakilan warga dari tiga desa di Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, mengeluhkan masalah banjir yang tiap tahun rutin terjadi di desanya. Lebih-lebih di musim hujan seperti saat ini.

Keluhan mereka sampaikan langsung kepada anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Hj Wara Sundari Renny Pramana SE yang sedang melaksanakan agenda penyerapan aspirasi masyarakat (reses) 2021, di Balai Desa Mranggen, Selasa (2/3/2021). 

Mendengar keluhan warga, Renny mengatakan, persoalan banjir yang saat ini terjadi di banyak daerah, termasuk Kabupaten Kediri, masuk dalam skala prioritasnya untuk secepatnya dicarikan solusinya. 

“Mudah mudahan kehadiran saya ini bisa membantu, bisa mencari solusi agar persoalan tersebut selesai. Tahun depan musim hujan seperti ini, semoga tahun depan tidak ada lagi banjir di tiga atau empat desa,” kata Renny.

Sebelumnya, tiga perwakilan desa diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung menyampaikan uneg-unegnya terkait persoalan banjir yang setiap tahun selalu dihadapi. 

Mereka menyatakan di wilayah Desa Mranggen memang langganan banjir karena memang terlalu jauh pembuangan saluran airnya. Saluran air itu pun harus melalui Desa Mengkikis. 

“Kalau daerah iain sudah surut airnya, wilayah Desa Mengkikis masih tergenang air. Bahkan ada warga yang kirim video ke WA saya, ruang tamu rumahnya saat banjir banyak sekali ikan yang masuk. Maklum di sana memang banyak ikan, karena kebanjiran akhirnya meluber airnya masuk ruang tamu,” ungkap seorang warga. 

“Jadi alhamdulillah mumpung ketemu ibu bagaimana cara mengatasi persoalan ini bersama sama,” ucapnya. 

Merespon masukan warga, Renny mengatakan, jika persoalan banjir yang dihadapi warga ini memang berlangsung sudah lama. Karena itu dirinya merasa sangat tertarik untuk bisa hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk memecahkan persoalan ini secara bersama sama. 

“Saya akan mencatat semua persoalan banjir ini, kan gak simpel karena jalan keluarnya harus dialirkan ke sungai Brantas. Ini harus izin balai besar yang ada di Surabaya. Tetapi saya sudah berkomunikasi tinggal nanti ini menjadi usulan, kemudian kita perjuangkan disini,” kata Renny, di hadapan perwakilan warga dari Desa Mengkikis, Mranggen dan Pesing. 

Selain masalah banjir, legislator yang juga Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini juga mendengarkan 4 usulan dari warga. Di antaranya ada yang menginginkan bantuan ternak, minta pemerintah daerah untuk bisa menarik menggandeng investor dari luar,  serta adanya pembangunan stadion sepak bola bertaraf internasional. 

Terkait ini, Renny mengatakan, Bupati Kediri yang baru dilantik yakni Hanindhito Himawan Pramono alias Mas Dhito berkinginan besar mengubah Kabupaten Kediri menjadi lebih baik. Seperti bandara sudah dibangun, yang menurut Renny, pasti nantinya banyak investor masuk. 

“Mas Dhito kan juga sudah menjanjikan, untuk membangun lapangan sepak bola,” beber Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur ini. 

Di sela diskusi, Renny Pramana mengingatkan kepada warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak takut untuk divaksin sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (putera)