Penjual Bakso, Cilok, hingga Tukang Las Kediri Deklarasi Dukung Paslon 01

KEDIRI – Influencer Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Eva Sundari, menerima deklarasi Dukungan Pedagang Kecil dari Gurah dan Pagu untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01. Dukungan itu disampaikan 520 orang perwakilan dari 23 desa di dua kecamatan tersebut.

Eva Sundari menyambut baik deklarasi para pedagang dan pengusaha kecil yang kebanyakan terdiri dari pedagang jajanan dan kue, tukang las, penjual ayam Geprek, bakso, cilok dan lainnya.

Dukungan ke Jokowi muncul karena para pedagang ingin maju setelah menjadi saksi adanya iklim usaha yang kondusif dari Pemerintah Jokowi. Di antaranya kemudahan perijinan usaha, keringanan pajak, kredit pembiayaan, termasuk infrastruktur keras dan lunak (internet).

Moch Rofii, pelaku bisnis yang sukses terharu menyaksikan antusiasme para peserta untuk belajar strategi pemasaran darinya.

“Keadilan Sosial menjadi tanggung jawab kita semua. Pak Jokowi sudah menginspirasi saya sehingga saya rencana mendirikan sekolah gratis di bidang pemasaran bagi para pelaku ekonomi mikro dan UMKM ini,” kata Moch Rofii, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima media ini, kemarin.

Eva Sundari memberikan penekanan, bahwa orientasi utama kebijakan Jokowi di masa mendatang adalah untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM), baik melalui pendidikan maupun pelatihan termasuk bagi pelaku usaha.

“Saya tahu bahwa para perempuan dan para pelaku ekonomi kerakyatan diprioritaskan,” ujar Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini, dalam sambutannya.

Wasis, anggota Fraksi PDIP DPRD Kab Kediri dari Dapil Gurah dan Pagu mengusulkan agar para peserta melembagakan dukungan ke Jokowi dengan melakukan door to door.

“Soal kinerja Jokowi tidak terlawan, tetapi ada ancaman fitnah dan hoaks yang harus pula dilawan oleh para relawan secara langsung ke para pemilih,” tegas Wasis.

Sebelum pembacaan deklarasi, diadakan simulasi pencoblosan kartu capres, kartu-kartu caleg dan juga kartu calon anggota DPD. Dalam deklarasi disepakati bahwa para relawan menargetkan kemenangan pasangan calon (paslon) Jokowi-Ma’ruf harus mencapai setidaknya 70% di Kec Gurah dan Pagu Kab Kediri. (guh)