Pengurus 2 Parpol Koalisi Merah Putih Hadiri Pembukaan Rakernas Semarang

pdip jatim - puan rakernas IVSEMARANG – Pengurus pusat dua parpol anggota Koalisi Merah Putih, yakni PPP dan PAN, hadir dalam pembukaan Rakernas IV PDI Perjuangan di Marina Convention Center, Semarang, Jateng, Jumat (19/9/2014).

Perwakilan pengurus PAN yang tampak hadir adalah Waketum Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN di DPR Tjatur Sapto Edy. Sedang dari PPP tampak Ketum Emron Pangkapi bersama Wasekjen Isa M. Kedatangan tokoh parpol dari Koalisi Merah Putih ini disambut hangat peserta rakernas.

Di deretan kursi depan, tampak ketua umum parpol pengusung Joko Widodo-Jusuf Kalla. Yakni Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Hanura Wiranto, dan Ketua Umum PKPI Sutiyoso. Mereka duduk sederet dengan pengurus DPP PDI Perjuangan.

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, pihaknya tetap membuka pintu koalisi bagi parpol di luar pengusung Jokowi-JK untuk bergabung. “Kembali saya tegaskan sikap kami terbuka membangun bangsa. Jika ada partai lain yang ingin bergabung kami tidak pernah tertutup, kami membuka diri,” kata Puan dalam penjelasannya kepada wartawan sebelum acara pembukaan rakernas.

Sampai sekarang, kata Puan, silaturahmi dan komunikasi dengan parpol non pengusung Jokowi-JK tetap dilakukan. Jika setelah kehadiran pengurus parpol anggota KMP pada Rakernas ini, kemudian sebelum 1 Oktober menyatakan ikut koalisi Jokowi-JK, imbuh Puan, pihaknya akan membuka diri.

Rakernas IV dibuka Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri jam 14.00 WIB. Rakernas merupakan rapat DPP Perjuangan yang diperluas. Sesuai AD/ART PDI Perjuangan, rakernas diadakan paling sedikit satu kali dalam setahun. Tema rakernas tahun ini adalah “Berjuang Untuk Kesejahteraan Rakyat” dengan sub tema “Mengisi Tahun Kemenangan Dengan Jalan Trisakti.”

Rakernas dihadiri sekitar 1.500 kader PDI Perjuangan dari tingkat pusat sampai provinsi, kabupaten dan kota, kepala daerah dari PDI Perjuangan di seluruh Indonesia, pimpinan dewan dari PDI Perjuangan, dan perwakilan organisasi sayap partai. Bahasan rakernas, seperti mengevaluasi program kerja, merancang program kerja partai dan menyikapi berbagai persoalan di internal, persoalan nasional maupun internasional. (pri)