Pendonor Darah Baksos TMP di Surabaya Membeludak

pdip jatim - Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana dono darah yang digelar TMP Jatim

Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana saat diambil darahnya dalam acara baksos donor darah Taruna Merah Putih Jawa Timur, di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (29/3/2015). Di belakangnya tampak Ketua DPD TMP Jawa Timur, Bambang DH.

SURABAYA – Ratusan warga Kota Surabaya menyumbangkan darahnya lewat aksi bakti sosial donor darah yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Timur, Minggu (29/3/2015). Baksos di Taman Bungkul ini bagian dari aksi nasional memperingati ulang tahun ke-7 organisasi sayap PDI Perjuangan tersebut.

Secara resmi, acara donor darah dimulai pukul 07.00 WIB. Namun, sejak pukul 06.00, warga sudah banyak yang antre mendaftar untuk menyumbangkan darahnya. Kebetulan, suasana Taman Bungkul dan Jalan Raya Darmo dipadati warga yang menikmati car free day.

Ketua DPD TMP Jatim Bambang DH mengatakan, aksi sosial ini dilaksanakan serentak di 25 kota lainnya di Indonesia. Di antaranya Jakarta, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Padang, Medan, Serang, Bandung, Sumedang, Semarang, Magelang, Surabaya, Lembata, Makassar, Manado, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

Menurutnya, pelaksanaan donor darah ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). “Donor darah ini serentak dilaksanakan di 25 kota, dan dimulai jam 7 pagi,” kata Bambang DH

Khusus di Surabaya, kata Bambang, pendaftaran yang dibuka dua minggu sebelumnya sudah terdaftar 200 pendonor. Jumlah itu, sebutnya, bisa lebih banyak lagi, karena saat pelaksanaan donor darah di Taman Bungkul, masih banyak yang antre mendaftar.

“Luar biasa kepedulian warga yang berniat menyumbangkan darah untuk sesamanya yang membutuhkan,” ujar pria yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur itu.

Menurut dia, mereka yang secara rutin mendonorkan darahnya, kesehatannya terjaga dengan baik. Oleh karena itu, dia mengimbau warga untuk menyumbangkan darah, baik di acara bakti sosial, maupun di kantor PMI setempat.

Pemkot Surabaya sendiri mengapresiasi aksi sosial yang digelar TMP Jawa Timur. Itu disampaikan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana yang hadir di Taman Bungkul.

“Kami mengapresiasi acara luar biasa ini, dan berterima kasih kepada TMP yang sudah menggelar acara bakti sosial donor darah yang memang sangat diperlukan mereka yang membutuhkan darah,” kata Whisnu.

Acara yang digelar TMP, sebut Whisnu, mengingatkan kepada masyarakat pentingnya nilai-nilai dalam ideologi Pancasila, khususnya gotong royong.

Bersama Bambang DH, Wawali yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya itu sempat berkeliling dan berdialog dengan para pendonor. Whisnu malah bergabung dengan para pendonor, dan ikut menyumbangkan darahnya. (pri)

Foto-foto Baksos Darah TMP, klik: DI SINI