Pendaftaran Gus Ipul – Mbak Puti ke KPU Jatim Diiringi Kesenian Tradisional

SURABAYA – Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tumpah ruah kader dan simpatisan partai, Rabu (10/1/2018) petang. Mereka menunggu kedatangan calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno.

Selain kader dan simpatisan, nampak sejumlah seniman musik dan tari. Di antaranya seniman musik patrol, musisi keroncong, jaranan hingga reog. Para seniman dari kelompok usia tua dan muda ini rata-rata berasal dari Surabaya dan Sidoarjo.

Handoko, koordinator kelompok musik patrol asal Gedangan, satu di antara pemusik patrol yang turut menyambut kedatangan mbak Puti, panggilan akrab Puti Guntur Soekarno.

Bersama belasan musisi remaja binaannya ia rela meluncur ke Surabaya demi menyambut cucu dari sang penggali Pancasila itu.

“Rasa hormat dan kagum kepada mbak Puti. Apalagi beliau keturunan dari Bung Karno,” alasan Handoko soal kedatangannya.

Hal senada juga diungkapkan Gondo, musisi patrol asal Waru. Datang ke DPD Jatim bersama rombongannya, ia dan kawan-kawannya terlihat basah rambut dan bajunya karena guyuran hujan. “Tapi tetap semangatlah,” kata Gondo.

Ketua DPD Jatim Kusnadi SH tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya malam itu. Ia pun menyampaikan apresiasi setinggi-setingginya terhadap para kader dan kelompok-kelompok masyarakat dan seniman yang antusias menyambut kedatangan Puti Guntur Soekarno.

“Luar biasa sambutan dari kader termasuk warga,” kata Kusnadi.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno  mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur sekira pukul 21.00 WIB. Mereka diiringi sejumlah kesenian tradisional, mulai pertunjukan musik patrol, reog, angklung, hingga barongsai.

Gus Ipul-Mbak Puti berangkat dari Kantor DPD PDIP dengan mengedarai becak, kemudian berjalan kaki menuju Kantor KPU. Selain itu, di lokasi kantor KPU, ribuan pendukung sudah memadati halaman Kantor KPU Jatim.

Dalam pendaftaran ini, sejumlah tokoh juga mendampinginya. Di antaranya adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Wasekjen DPP PDIP Ahmad Basarah, Bupati Ngawi Budi Sulistyo, Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar, dan sejumlah kiai sepuh.

Tak ketinggalan, dalam prosesi pendaftaran ini juga didampingi Fatma Saifullah Yusuf (istri Gus Ipul) dan Joy Kameron (suami Puti Guntur). (hs)