oleh

Pendaftaran Ditutup, PDI Perjuangan Jatim Jaring 5 Bacagub-bacawagub

SURABAYA – Sampai hari terakhir pengembalian formulir bakal calon gubernur (bacagub) – bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jawa Timur melalui PDI Perjuangan, Senin (10/7/2017), tercatat lima nama yang mengembalikan berkas pendaftaran.

Satu nama yang sempat mendaftar, yakni anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari dapil Madura, MH Said Abdullah, tidak mengembalikan formulir.

Kandidat yang mengembalikan berkas pendaftaran di hari terakhir adalah Budi Sulistyono. Bupati Ngawi yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Jatim ini mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal cawagub disaksikan Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan, sampai penutupan penjaringan, nama-nama yang sudah mengembalikan formulir adalah Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Wagub Jatim ini mendaftar sebagai calon gubernur.

Sedang pendaftar yang mengembalikan sebagai calon wakil gubernur, ada tiga. Yakni Kusnadi, Budi Sulistyono atau Kanang, serta anggota Fraksi PDIP DPRD Jatim Suhandoyo.

“Satu lagi Pak Anas (Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas) yang mengembalikan formulir baik sebagai cagub maupun cawagub,” kata Untari.

Setelah masa penjaringan, lanjut Untari, akan dilakukan penelitian berkas para bakal calon. Kalau ada yang kurang kelengkapan, kandidat yang bersangkutan akan diminta melengkapi.

Jika kelengkapan berkas sudah cukup, terang Untari, semua berkas pendaftar akan dikirimkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan di Jakarta. DPD Jatim juga akan melakukan survei terhadap semua kandidat.

Untuk pengiriman berkas ke DPP, sebut Untari, direncanakan minggu depan. “Tahapan penyaringan selanjutnya, seperti tes psikologi, fit and proper tes, menjadi kewenangan DPP Partai,” sebut perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Dari semua hasil bahan penjaringan, survei, serta fit and proper tes, DPP PDI Perjuangan baru akan menurunkan rekomendasi pasangan cagub-cawagub yang diusung PDI Perjuangan pada Pilgub Jatim 2018.

“Mengutip pernyataan Pak Sekjen (Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto), Insya Allah bulan Agustus, semua akan selesai dan telah ada sepasang nama yang akan direkomendasi oleh DPP Partai sebagai cagub dan cawagub,” pungkas Untari. (goek)

rekening gotong royong