Pemuda Fans Jokowi-JK Makin Marak di Madura

stiker jokowiSUMENEP – Gairah masyarakat Pulau Madura mengantarkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla makin menyala. Kali ini dari elemen muda Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Bangkalan, mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan Jokowi-JK pada pemilu presiden 9 Juli depan.

Di Sumenep, Gerakan Relawan Dukung Joko Widodo-Jusuf Kalla (Gardu Jokowi-JK) dideklarasikan puluhan mahasiswa dan pemuda di depan Taman Adipura di Kecamatan Kota, Sabtu (7/6/2014) sore. Pada hari yang sama, Barisan Nusantara-Madura di Bangkalan dideklarasikan untuk membidik para pemuda dan mahasiswa sebagai sasaran kampanye memenangkan pasangan nomor urut 2 itu.

Koordinator Gardu Jokowi-JK Sumenep, Irwan Hayat mengaku, pihaknya menemukan kecocokan dengan figur Jokowi-JK dan berharap mereka memenangkan Pilpres 2014. “Karena itu, kami mendeklarasikan diri menjadi bagian dari upaya pemenangan Jokowi-JK di Sumenep,” jelas Irwan Hayat.

Dia menjelaskan, latar belakang relawan anggota Gardu Jokowi-JK Sumenep ini beragam atau lintas organisasi. Oleh karena pada prinsipnya ada kesamaan pandangan, kata Irwan, mereka sepakat membentuk organisasi relawan untuk membantu mengantarkan Jokowi-JK memenangi Pilpres 2014.

Pihaknya akan melakukan gerakan massif untuk menyosialisasikan figur Jokowi-JK kepada warga supaya mereka mengetahui secara pasti kandidat yang didukungnya. Gardu Jokowi-JK Sumenep juga memberi kesempatan kepada warga setempat untuk bergabung.

“Kami juga akan melakukan penggalangan dana dan selanjutnya dana yang terkumpul akan disalurkan ke rekening resmi tim Jokowi-JK,” urai Irwan Hayat.

Dia juga menyadari adanya elemen masyarakat lain di Sumenep yang peduli dan mendukung Jokowi-JK. Pihaknya siap berkoordinasi dengan elemen lain tersebut, untuk memenangkan Jokowi-JK pada Pilpres 2014.

Sudah Lama Disenangi Anak Muda

Sementara, koordinator Barisan Nusantara-Madura Bangkalan Achdiar Ready menyatakan, Barisan Nusantara akan menjadikan kelompok pemuda sebagai sasaran kampanye Jokowi-JK. Sebab, jelas Achdiar, duet pasangan ini banyak disenangi kelompok muda dan dinilai tidak terlalu birokratis.

“Jokowi memang sudah banyak dikenal kalangan muda, sejak terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta,” tambah Achdiar.

Dia yakin, pasangan Jokowi-JK akan banyak mendapat dukungan dari masyarakat, khususnya kelompok muda Bangkalan. Sebab selain didukung banyak tokoh masyarakat dan tokoh ulama, duet pasangan ini juga banyak memiliki relawan.

Sedang Barisan Nusantara – Madura, imbuh Achdiar, merupakan relawan yang terbentuk atas inisiatif sekelompok pemuda dan aktivis organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Bangkalan. Di antaranya pemuda Ansor, Fatayat NU dan aktivis mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi di Bangkalan.

“Target kami, duet pasangan Jokowi-JK di Bangkalan ini akan bisa meraih dukungan sebanyak-banyaknya, sehingga bisa terpilih menjadi presiden,” tandas dia. (p/*)