Pemprov Didesak Antisipasi Banjir Bandang

pdip-jatim-gunawan-fraksi-pdip-jatimSURABAYA – Musim hujan yang melanda wilayah Jawa Timur yang disertai dengan bencana alam akhir-akhir menjadi perhatian Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim. Fraksi desak Pemprov Jatim agar mengantisipasi dengan serius.

“Kami mengingatkan kepada pemerintah provinsi, khususnya yang terkait dengan penanggulangan bencana, agar bersiap-siap menghadapi banjir bandang dan tanah longsor akibat dari musim hujan yang terjadi saat ini,“ kata Gunawan, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, kemarin.

Menurut Gunawan, yang perlu mendapat perhatian khusus adalah beberapa wilayah yang sudah menjadi langganan seperti daerah aliran Bengawan Solo. Pada pertengahan Desember ini sempat terjadi banjir bandang di tiga kecamatan di wilayah Bojonegoro yaitu Kecamatan Malo, Kasiman dan Kedewan. Saat inipun banjir merendam 235 rumah di Kecamatan Gondang.

“Wilayah Bojonegoro memang rawan banjir. Apalagi, beberapa tempat penampungan seperti Waduk Pacal, kini mengalami pendangkalan parah,“ ujarnya.

Wilayah lain yang terkena bencana banjir ini, urai dia, adalah lima kecamatan di Tuban yaitu Kecamatan Singgahan, Parengan, Montong, Merakurak dan juga Kecamatan Kota.

Bencana longsor, lanjut Gunawan, juga telah terjadi di Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung. Bencana tersebut merusak talud yang bahkan nyaris memutuskan akses jalan desa. Ini harus segera mendapat penanganan agar tidak menimbulkan kerusakan ataupun kerugian lain yang lebih luas.

Tidak hanya bencana longsor, kata Gunawan, bencana angin puting beliung juga telah merusakkan beberapa bangunan telah terjadi di Kecamatan Rengel, Tuban, pertengahan Desember ini.

“Mengingat musim hujan masih panjang dan belum mencapai titik puncak, maka kami meminta agar antisipasi bencana ini menjadi perhatian yang penting agar tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang makin parah,“ pungkasnya. (guh)