oleh

Pemkot Siap Fasilitasi, Dewanti Dorong Produk UMKM Junrejo Mendunia

BATU – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi mendorong produk UMKM di Kecamatan Junrejo mendunia. Dorongan ini muncul karena melihat kualitas produk UMKM Junrejo yang berkualitas dan berpeluang.

Dewanti mengatakan, sudah saatnya kerajinan dari Kecamatan Junrejo dikirim ekspor ke luar negeri. Dia menyebut potensi UMKM yang dimiliki Junrejo bagus sekali, mulai dari kerajinan kayu, keranjang plastik, dan lainnya.

Untuk itu, pihaknya siap memfasilitasi pengurusan perizinannya ke pemerintah pusat. “Kami menginginkan agar produk UMKM yang ada di Junrejo ini dapat diekspor. Pemkot akan membantu memfasilitasi ke pusat,” kata Dewanti.

Hal itu dia sampaikan usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Junrejo yang dilaksanakan di Aula Balitjestro, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Rabu (24/2/2021).

Wali kota yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini menambahkan, UMKM juga bisa membuat inovasi dengan menggunakan bahan dari alam untuk menggantikan plastik.  

Dia mencontohkan tas anyaman plastik, akan lebih baik kalau menggunakan bahan alam seperti tali yang terbuat dari daun pandan atau dari bahan alami lainnya.

Atau, sebut Dewanti, bisa juga memodifikasi kerajinan kayu untuk dijadikan pot bunga yang saat ini sedang booming.

Pada kesempatan musrenbang itu, Dewanti kembali menegaskan kepada Pemerintah Kecamatan Junrejo agar meniadakan proyek pembangunan fisik yang tidak penting. 

Karena di masa pandemi seperti ini, terang dia, Pemkot Batu menekankan pada program kesehatan dan pemulihan ekonomi. (goek)