Pemkot Blitar Genjot Infrastruktur Prorakyat

SAMSUNG DIGITAL CAMERABLITAR – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU), terus membenahi infrastruktur kota. Melalui APBD Pro Rakyat pada tahun anggaran berjalan 2014 telah dilakukan pembangunan infrastruktur yang mendukung aktivitas masyarakat.

Beberapa di antaranya adalah penyelesaian pembangunan Pasar Pon, pembangunan saluran irigasi utama, pembuatan jalan lingkar, dan jalan tembus ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar mengatakan seluruh proyek infrastruktur di 2014 diupayakan selesai sebelum akhir tahun, sehingga keseluruhan proyek itu bisa segera dimanfaatkan akyat.

“Minimnya anggaran proyek, bukan jadi alasan untuk berhenti membangun sarana dan prasarana. Karena itu saya instruksikan ke jajaran Dinas PU untuk terus genjot infrastruktur daerah,” kata Samanhudi, kemarin.

Beberapa infrastruktur tersebut, lanjut Samanhudi, merupakan proyek utama dari visi dan misi APBD Pro Rakyat . Seperti jalan lingkar menuju Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, jalan tersebut bisa mempercepat arus distribusi angkutan barang dan hasil-hasil pertanian.

Yang kedua, Pembangunan irigasi utama dan drainase yang pada tahun anggaran 2014 ini dilaksanakan di sembilan lokasi. “Pembangunan drainase ini selain bertujuan menjaga aliran air ke persawahan di pinggiran kota, juga bermanfaat untuk mengurangi genangan air hujan di beberapa lokasi,” pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar itu.

Pihaknya berharap proyek infrastruktur tersebut bisa segera dimanfaatkan warga, dan warga bisa mendukung seluruh proyek infrastruktur yang dicanangkan pemkot hingga tahun anggaran 2015 mendatang.

“Kalaupun masih ada beberapa titik infrastruktur yang belum terlaksana akan diselesaikan pada 2015,” ujarnya. (ven)