Pemkot Batu Siapkan Transportasi Gratis untuk Pelajar

pdip jatim - ER Walikota BatuBATU – Wali Kota Eddy Rumpoko berencana menyiapkan angkutan gratis bagi pelajar Kota Batu. Transportasi gratis itu direncanakan terealisasi tahun depan.

Rencana menyediakan angkutan gratis bagi pelajar itu diungkapkan Eddy Rumpoko, di sela acara peelantikan pimpinan DPDR Kota Batu, Rabu (8/10/2014).

Menurut ER, sapaan Eddy Rumpoko, jika transportasi gratis tersebut terwujud, para siswa tidak perlu lagi diantar ataupun menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju sekolah. Hal tersebut, jelas ER, akan mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan orang tua pelajar yang bersangkutan.

Terkait rencana itu, ER tidak hanya minta persetujuan anggota DPRD, namun juga akan melakukan komunikasi dengan pengusaha angkutan dan paguyuban angkutan di Terminal Kota Batu. Komunikasi itu di antaranya juga untuk soal rencana peremajaan angkutan, dan pihaknya berharap paguyuban menyambut positif.

“Sehingga ada pencitraan sebagai Kota Wisata memberi fasilitas (kepada masyarakat),” jelas ER.

Untuk mewujudkan program tersebut, wali kota membuat skema anggaran dan kerjasama yang nantinya dibicarakan dengan DPRD. Hal ini dibuat untuk mengantisipasi penalakan dari pengusaha angkutan. Namun jumlah anggarannya hingga saat ini belum ditentukan.

“Tapi mengingat PAD naik, maka harus dikembalikan kepada masyarakat,” ujar pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang itu.

Dunia pendidikan, menurut ER, mendapat perhatian lebih dari Pemkot Batu. Apalagi siswa usia sekolah di Kota Batu mulai SD,SMP, dan SMA jumlahnya mencapai 40.000 orang. Untuk itu pemkot ingin mengajak dewan untuk memberikan yang terbaik kepada 40.000 siswa sekolah ini.

“Jika diilustrasikan, jangan sampai pembangunan infrastruktur seperti jalan dan bangunan di Kota Batu kondisinya lebih baik daripada pembangunan di sektor pendidikan,”ujar Eddy Rumpoko. Selain bidang pendidikan, prioritas berikutnya adalah sektor pertanian dan sektor pariwisata. (pri/*)