Pemkot Batu Galakkan Pertanian Organik

pdip jatim - ER jalan sehat batu go organikBATU – Komitmen Pemerintah Kota Batu pada bidang pertanian ditunjukkan dengan keseriusannya mendorong pertanian organik. Sejak diluncurkannya Batu Go Organik tahun lalu, Pemkot Batu terus menggalakkan kampanye pertanian organik.

Seperti yang dilakukan Minggu (25/10/2014), pemkot menggelar Jalan Sehat Organik. Ajang kampanye produk pertanian organik yang digelar bertepatan dengan peringatan hari jadi Kota Batu ke-13 ini diikuti sedikitnya 13.000 warga.

Wali Kota Eddy Rumpoko memberangkatkan peserta pukul 06.00 WIB, dari Stadion Gelora Brantas Kota Batu. Jalan Sehat ‘Aku Cinta Organik’ ini, menurut Eddy Rumpoko, untuk memasyarakatkan penggunaan bahan pangan organik bagi warga setempat.

ER, sapaan akrab Eddy Rumpoko mengatakan, Batu Go Organik adalah program pengabdian dan tanggung jawab kepada petani Kota Batu. Diharapkan, nantinya sistem pertanian organik ini akan berkorelasi positif dengan perkembangan pariwisata Kota Batu.

”Kita ingin memperbaiki kondisi pertanian Batu ke arah yang lebih baik dan berkelanjutan. Visi ke depannya kita ingin Kota Batu jadi sentra pertanian organik berbasis kepariwisataan internasional,” jelas pria yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Dalam kesempatan itu ER juga mengajak seluruh warga Kota Batu beralih dari sistem pertanian konvensional ke sistem pertanian organik, sekaligus mengajak pola hidup cinta lingkungan, dan menjaga kebersihan kota. Dia juga mengajak warga Batu menjadi tuan rumah yang baik dengan cara menciptakan rasa nyaman dan terkesan bagi wisatawan.

“Kita harus sadar sebagai tuan rumah wisata,” kata ER.

Acara jalan sehat itu juga dimarakkan dengan sajian makanan dan minuman gratis untuk memecahkan Rekor MURI Minum Jus Wortel Bareng 13.000 Masyarakat Kota Batu. Wortel-wortel yang digunakan sebagai jus tersebut semua berbahan organik atau bebas bahan kimia.

Selain itu disediakan pula doorprice dengan hadiah utama 1 unit mobil Daihatsu Ayla. Peserta jalan sehat juga dihibur para artis ibu kota seperti Andra N The Backbone, Mona Ratuliu, Beby Romeo, serta Indra Brasco. (sa)