Pemkab Magetan Promosikan Budaya Lokal di Surabaya

pdip jatim - seni budaya MagetanSURABAYA – Ingin mempromosikan seni budaya lokal pada khalayak di luar daerah Magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan menghelat Gelar Seni Budaya di Taman Budaya Jawa Timur, Jalan Gentengkali 85 Surabaya.

Jumat (13/3/2015) malam, Bupati Magetan Sumantri dan segenap jajarannya hadir khusus di acara pembukaan kegiatan yang akan digelar selama dua hari itu.

“Ajang ini kita jadikan salah satu sarana promosi potensi wisata dan seni budaya yang ada di Kabupaten Magetan agar lebih dikenal luas. Surabaya adalah pusat ibu kota Provinsi Jawa Timur, maka potensi pengunjung sangat besar dan mesti kita manfaatkan dengan baik,” ujar Sumantri dalam sambutannya.

Dalam pegalaran ini pemkab berusaha menyajikan ragam potensi seni budaya yang ada di Magetan. Mengambil tema Mutiara Sukuning Arga Lawu, berbagai tampilan yang disajikan antara lain pertunjukan tari, campursari, dan ketoprak.

“Kita punya Tari Bedaya Sudamala, Tari Anoraga, dan Tari Gebyar Gunung Lawu yang khas Magetan,” lanjut bupati dari PDI Perjuangan tersebut, yang malam ini memboyong seluruh kepala SKPD dan camat se-Magetan ke pendopo Taman Budaya Jatim.

Untuk pertunjukan, jelas Sumantri, pihaknya akan menyajikan seni ketoprak dengan lakon Alap-alap Mertalaya dan campursari lawak dengan judul Mutiara Branta. Untuk menyemarakkan acara, di luar panggung pertunjukan dibuka beberapa stand produk unggulan Magetan seperti kerajinan kulit, panganan khas, dan batik pring sedapur.

Nuansa batik pring sedapur juga nampak menghiasi tiap sudut area pagelaran. “Kita upayakan semaksimal mungkin agar nuansa Magetan benar-benar terasa di sini,” pungkas Sumantri.

Dalam acara ini nampak pula hadir Wakil Bupati Magetan Samsi, Ketua DPRD Magetan Joko Suyono, dan Ketua Komisi A DPRD Magetan Karmini. Ketiganya adalah kader PDI Perjuangan. (sa)