Pemilu Makin Dekat, PDIP Jatim Konsolidasikan Mesin Partai di Kabupaten/Kota

SURABAYA  – PDI Perjuangan Jawa Timur terus memanasi mesin jelang Pemilu 17 April mendatang. Partai pemenang Pemilu 2014 ini melakukan konsolidasi di sejumlah kabupaten-kota, untuk memenangkan Pemilu 2019, baik pemilu legislatif (pileg) maupun pemilu presiden (pilpres).

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari mengatakan, Pileg dan Pilpres adalah satu tarikan napas.

“Pak Jokowi menang, PDIP menang. PDIP menang, Pak Jokowi menang. Semuanya satu kesatuan. Karena itu, PDIP Jatim terus mengecek kerja-kerja pemenangan di berbagai daerah. Yang terbaru ini kita ke Madiun dan Mojokerto,” kata Sri Untari, kemarin.

Dia menyebutkan, konsolidasi dengan jajaran pengurus di tingkat kabupaten/kota serta jajaran di bawahnya itu untuk memonitor dan mengevaluasi kerja pemenangan selama ini.

“Kami lihat sektor dan teritori apa yang sudah kuat dan itu harus dijaga, ditingkatkan agar semakin solid. Kami juga tidak menutup mata untuk melihat sektor dan teritori mana yang belum kuat, nah itu dicari strateginya agar bisa solid menuju target kemenangan,” jelas Untari.

Politisi perempuan asal Malang yang juga dikenal sebagai tokoh penggerak koperasi ini mengungkapkan, sesuai hasil monitoring dan evaluasi di beberapa daerah, pihaknya semakin optimistis bisa menggaet kemenangan, baik untuk Pileg maupun Pilpres.

Pihaknya pun bakal mengebut sejumlah strategi dalam kurun waktu sekitar dua bulan ke depan. Sebab, gelaran Pemilu 2019 sudah di depan mata, tak sampai 80 hari lagi.

“Di waktu yang semakin dekat ini, kita benar-benar jaga kemenangan yang sudah didapat berdasarkan pemetaan dan survei terkini. Tidak boleh lengah. Ada daerah yang kurang, kita genjot agar meningkat. Ada strategi khusus, tapi tidak bisa kita sampaikan secara terbuka,” tegasnya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jawa Timur ini menambahkan, menuju pelaksanaan coblosan 17 April, pihaknya mengintensifkan monitoring dan evaluasi di seluruh kabupaten/kota.

“Seluruh daerah kami cek langsung, didatangi langsung. Kita ada basis data sampai tingkat anak ranting. Kinerjanya terlihat. Gotong-royong kita menangkan Pak Jokowi dan PDI Perjuangan,” tukasnya.

Meski gencar mengincar target kemenangan, Untari mewanti-wanti seluruh jajaran PDIP di semua tingkatan untuk tetap mengedepankan cara-cara kampanye yang santun dan beradab. “Jangan sampai kader PDIP terpancing dengan strategi provokasi yang dijalankan oleh partai lain maupun pendukung capres lain. Sesuai pesan Pak Jokowi dan Ibu Megawati, hadirkan politik kegembiraan, politik yang membangun harapan, politics of hope. Jangan terpancing kubu sebelah yang lebih suka memprovokasi daripada menghadirkan argumen yang sehat untuk rakyat,” tuturnya. (goek)