PDIP Teratas, Puan: Jadi Tantangan Jaga Kepercayaan Rakyat

JAKARTA – Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bersyukur dengan tingginya elektabilitas partainya berdasarkan hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI).

Puan menyebut, hasil survei tersebut menjadi tantangan bagi partai pemenang Pemilu 2014 dan 2019 ini untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Ini tantangan bagi PDI Perjuangan bagaimana menjaga kepercayaan rakyat tersebut agar bisa, insya Allah kita buktikan di 2024,” kata Puan di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Dia pun menilai hasil survei tersebut sebagai beban bagi PDI Perjuangan. Sebab itu, tanda bahwa partai berlambang banteng itu harus mempertahankan dan bahkan meningkatkan jumlah dukungannya.

“Tantangan dan beban bagi PDI Perjuangan, karena baru selesai 2019 ini udah seperti ini. Alhamdulillah bahwa kalau kemudian pemilu dilakukan bulan depan maka PDI Perjuangan akan menang lagi,” ucapnya.

Terkait kader yang akan diusung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024, pihaknya belum membahas hal tersebut. Namun, hasil survei itu, jelas Puan, akan dijadikan kajian jelang menghadapi kontestasi.

“Ini kan hanya menjadi salah satu pandangan, masukan. Bahwa ada hasil survei seperti ini. Kalau kita mau bicara Pilpres itu masih lama masih 2024,” ujar politisi yang juga Ketua DPR ini.

Diketahui, elektabilitas PDIP jauh meninggalkan partai politik lainnya. Hasil survei PRC dan PPI awal Februari 2020 menyatakan, sebanyak 27,2 persen responden memilih parpol besutan Megawati Soekarnoputri itu.

“Kalau hari ini (saat survei) dilaksanakan pemilu, PDIP jadi yang pertama, disusul Golkar, Gerindra, PKB, PKS, dan seterusnya,” ujar Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno.

Lembaga survei yang berbeda, yakni Survei Indo Barometer juga menyebut PDI Perjuangan sebagai parpol yang terkuat dalam kontestasi legislatif. Dengan angka 24,8 persen, PDIP disebut berpeluang memenangi pemilihan legislatif di Pemilu 2024.

“Saya melihat PDIP berpeluang mencetak sejarah demokrasi di Indonesia dengan menjuarai Pileg 2024,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, Minggu (23/2/2020). (goek)