PDIP Surabaya Siap Pertahankan Kepemimpinan di Kota Pahlawan

SURABAYA – Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Baktiono meyakini seluruh pengurus partai mulai tingkat cabang sampai RW akan mengamankan rekomendasi yang telah diputuskan Ketua Umum DPP Megawati Soekarnoputri dalam Pilkada Kota Surabaya.

Menurut Baktiono, siapapun yang diputuskan dan direkomendasi oleh pimpinan pusat PDI Perjuangan, itu artinya sudah final untuk Kota Surabaya.

“Saat ini tugas kita tinggal mengamankan dan melaksanakan rekomendasi itu dan memenangkan pilkada yang ada di Surabaya, agar selama 4 periode kemarin tetap bisa dipertahankan kepemimpinan dari PDI Perjuangan,” kata Baktiono, Rabu (2/9/2020)

Baca: Kader PDIP yang Tak Solid Menangkan Eri-Armuji, Megawati Bakal Sanksi Tegas

Pihaknya tidak khawatir dengan kader di struktur bawah yang sebelumnya sudah mendukung masing-masing kandidat dari PDI Perjuangan. Sebab dia meyakini semua akan menjadi satu dan mendukung sepenuhnya siapapun yang diputuskan Megawati.

Baktiono menyebut, di PDI Perjuangan sejak orde baru sudah terbiasa untuk  berbeda pendapat, berdemokrasi.

“Kita diproses sejak tahun 90-an. Tapi kalau sudah ada keputusan kita akan menyatu kembali, itu kebiasaan kami, baik dari tingkat DPC sampai tingkat anak ranting. Jadi di masa mereka para bakal calon untuk bisa menarik simpati masyarakat, tapi mereka tidak ada benturan sama sekali,” jelas anggota DPRD Surabaya ini.

Baca juga: Eri-Armuji Deklarasi di Taman Harmoni, Ini Maknanya

Dia mencontohkan Armuji yang melakukan sosialisasi ke masyarakat. Juga Whisnu Sakti Buana, dan para kader PDIP lainnya yang sudah mendaftar sebagai calon dalam Pilwali Surabaya, juga melakukan hal sama.

Menurutnya, hal itu sama-sama membawa nama Partai dan tidak masalah. Sekarang, lanjut Baktiono, sudah ada keputusan dan memang salah satu yang harus dipilih.

“Dan kenyataannya saat ini Ibu Megawati sudah memutuskan mas Eric dan mas Armuji, dan saya yakin mereka akan solid. Untuk mesin-mesin Partai sudah kita siapkan sampai RT dan Badan Saksi Pemenangan Pemilu sudah kita siapkan sampai tingkat kota Surabaya,” ujarnya.

Sementara terkait dengan peluang koalisi, pihaknya masih membuka peluang kepada partai lain untuk bergabung dengan PDI Perjuangan

“Koalisi pertama kami adalah masyarakat, kelompok masyarakat dan juga kita masih membuka koalisi dengan partai-partai lainnya baik yang di parlemen maupun yang tidak di parlemen. Semoga setelah pengumuman ini kita akan segera bertemu,” harap Baktiono. (rul)