PDIP Surabaya: Hasil Pemilu Jadi Modal Kuat Hadapi Pilkada 2020

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana (kiri)

SURABAYA – PDI Perjuangan Kota Surabaya menjadikan capaian suara Pemilu 2019 sebagai modal menghadapi pilkada di Kota Pahlawan tahun 2020 mendatang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, hasil Pemilu 2019 menjadi modal kuat untuk menghadapi Pilkada tahun depan. Menurutnya, PDIP memiliki mesin partai yang terbukti bergerak massif.

“Kader-kader kami juga memiliki daya juang tinggi dan punya jejaring di masyarakat. Para caleg terpilih juga memiliki leadership kuat di wilayahnya masing-masing,” kata Whisnu, kemarin.

Dengan semua sumber daya yang dimiliki, Whisnu yakin, partainya bakal mampu mempertahankan pimpinan pemerintahan di Kota Surabaya. “Insya Allah mampu,” kata dia.

Dalam Pemilu 2019, PDIP berhasil meningkatkan perolehan suara. Dari rekap KPU, PDIP mendapat 418.872 suara untuk DPRD Kota Surabaya.

“Ini naik dari Pemilu 2014, dimana kami mendapat 363.208 suara. Sementara, untuk kursi di DPRD Kota Surabaya, kami mendapat 15 kursi,” jelasnya.

Sebanyak 11 Caleg PDIP yang terpilih menjadi anggota DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024 adalah incumbent.

“Kawan-kawan bisa saya klaim berhasil selama 5 tahun menjadi anggota DPRD. Mereka berhasil memecahkan persoalan rakyat, teruji, sekaligus dekat dengan masyarakat,” jelasnya.

Whisnu menyebut bahwa pencapaian suara tersebut diperoleh melalui kompetisi politik yang sengit selama masa kampanye. Bahkan sejak bertahun-tahun lalu, ketika partai-partai politik mulai menata pengaruhnya di Kota Surabaya.

Politisi yang juga Wakil Wali kota Surabaya menambahkan, untuk kursi DPRD Jawa Timur, PDIP Kota Surabaya berhasil meraih 3 kursi, dan untuk DPR RI mendapat 3 kursi.

“Saya respek dengan kerja seluruh kekuatan PDI Perjuangan. Semua lini bergerak. Semua caleg bergerak. Pergerakan atas-bawah, berita media dan darat, semua nyambung selama masa kampanye lalu,” ujar Whisnu.

Dia menambahkan, capaian PDI Perjuangan itu telah menempatkan di peringkat teratas dari semua parpol peserta Pemilu 2019. “Caleg peraih suara terbanyak di semua Dapil di Kota Surabaya, semua berasal dari PDI Perjuangan,” bebernya. (goek)