PDIP Siap Wujudkan Palangkaraya Pusat Pemerintahan

pdip-jatim-sekjen-Hasto-di-BatuPANGKALAN BUN – PDI Perjuangan terpanggil untuk mewujudkan gagasan Proklamator RI Ir Soekarno tentang Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai pusat pemerintahan. Salah satu upayanya, dengan memenangkan pasangan Willy M Yoseph-HM Wahyudi K Anwar dalam Pilkada Kalteng pada 27 Januari depan.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, upaya mewujudkan Palangkaraya sebagai ibu kota pemerintahan itu semakin nyata. Hasto menyatakan, kini banyak kader partai pemenang pemilu legislatif 2014 itu yang menduduki posisi penting.

Misalnya, pemerintah pusat dipimpin Presiden Joko Widodo yang juga kader PDIP. Selain itu banyak menteri kader PDIP atau pun yang memiliki kedekatan dengan Megawati Soekarnoputri.

“Kita harapkan apa yang sudah dirancang Bung Karno bahwa Palangkaraya adalah pusat arsitektur, pusat birokrasi Indonesia masa depan, bisa kita laksanakan,” ujar Hasto, sebagaimana rilis DPP PDI Perjuangan.

Dia menegaskan, Agustin Teras Narang yang notabene kader PDI Perjuangan pernah selama 10 tahun memimpin Kalteng. Menurutnya, banyak capaian yang dilakukan Teras untuk memajukan Kalteng justru ketika pemerintah pusat dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan tidak ada kader PDIP di kabinet.

“Sekarang, presiden dari kader PDIP yang juga telah memberi perhatian serius untuk Kalteng. Ini akan mempercepat pembangunan Kalteng dan mensolidkan pemerintahan Presiden Jokowi,” ujarnya.

Menjelang coblosan Pilgub Kalteng, PDI Perjuangan menurunkan sejumlah kader terbaiknya untuk bergotong-royong memenangkan pasangan Willy M Yoseph-HM Wahyudi K Anwar. Di antaranya, Wali Kota Surabaya terpilih Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Bupati Kudus Musthofa, anggota DPRD RI Rieke Diyah Pitaloka dan Budiman Sudjatmiko, serta berbagai elemen partai lainnya.

“Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) juga datang menyapa rakyat di Kalteng. Kita ingin Kalteng terus bergerak maju. Kita ingin apa yang sudah dijalankan Pak Teras Narang senafas dengan gubernur-wakil gubernur mendatang. Seluruh kekuatan gotong-royong kita, kita kerahkan secara maksimal, terus bergerak,” kata Hasto. (goek)