PDIP Optimis Raih Kursi Terbanyak di DPRD Jatim

SURABAYA – PDI Perjuangan Jawa Timur optimistis bakal memenangi Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 dengan raihan 29 kursi DPRD Jatim.

“Insya Allah, dari hasil real count internal kami, diperkirakan antara 25-29 kursi DPRD Provinsi Jawa Timur diamanatkan rakyat kepada PDI Perjuangan. Jumlah kursi tersebut setara dengan 21-24 persen suara,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno, Kamis (25/4/2019).

Pada 2014 lalu, Pileg di Jatim dimenangkan PKB dengan raihan 20 kursi untuk DPRD Jatim. Sedangkan PDI Perjuangan meraih peringkat kedua dengan 19 kursi. Nah, untuk Pileg 2019, PDI Perjuangan yakin akan merebut juara itu.

Dari penghitungan internal PDI Perjuangan, untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I (Kota Surabaya) meraih 3 kursi, Dapil II (Kabupaten Sidoarjo) 1 kursi, Dapil III (Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo) 2 kursi.

Sementara untuk Dapil IV (Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso) mendapat 2 kursi. Dapil V (Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember) dengan 2 kursi serta Dapil VI (Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu) meraih 4 kursi.

Sedangkan Dapil VII (Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Blitar, Kota Blitar) mendapatkan 3 kursi. Dapil VIII (Kabupaten dan Kota Kediri) diperkirakan 2 kursi dan Dapil IX (Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi) diperkirakan 2 atau 3 kursi.

Serta Dapil X (Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang) diperkirakan 2 kursi. Dapil XI (Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk) 2 kursi.

Dapil XII (Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban) 2 kursi. Kemudian Dapil XIII (Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik) 2 kursi dan Dapil XIV (Madura) diperkirakan 1 kursi.

“Mohon doanya, sekarang masih terus kami proses seluruh penghitungan yang masuk dari seluruh daerah pemilihan di Jawa Timur,” tuturnya.

Dia menambahkan, PDI Perjuangan Jatim telah menginstruksikan seluruh kadernya agar tidak lengah. Proses pengawalan suara terus dilakukan dari tingkat kecamatan, kabupaten dan kota, provinsi hingga penetapan resmi dari KPU.

“Diinstruksikan saksi dan kader terus bergotong-royong memastikan politik kebenaran di atas segala-galanya. Sehingga keyakinan bahwa suara rakyat suara Tuhan benar-benar dijaga,” terangnya.

Politisi yang juga masih aktif sebagai anggota DPRD Jatim dari Dapil Malang raya ini menambahkan, PDI Perjuangan Jatim mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga di Jatim yang telah memberikan kepercayaan kepada PDIP.

“Kemenangan ini adalah bukti menyatunya PDI Perjuangan ke dalam relung batin dan kehidupan rakyat,” tambah Untari.

“Kepercayaan ini insya Allah akan kami jawab dengan kerja-kerja yang bermanfaat bagi rakyat, tidak akan kami khianati dan akan kami jaga kepercayaan ini,” ucapnya. (goek)