PDIP Jatim Siap Memenangkan 15 dari 19 Pilkada

pdip jatim - pembukaan fit and propertes cakada jatimSURABAYA – PDI Perjuangan Jawa Timur optimistis memenangkan 15 dari 19 pemilu kepala daerah (pilkada) kabupaten/kota se-Jatim yang akan berlangsung Desember 2015 depan. Penegasan itu disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi SH, dalam pembukaan fit and propertes calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, Sabtu (9/5/2015).

“Kami tidak muluk-muluk harus memenangkan 19 pilkada di Jawa Timur di tahun 2015 ini. Tapi kami optimis, dari 19 pilkada yang akan berlangsung serentak, PDI Perjuangan mampu memenangkan 15 pilkada,” kata Kusnadi.

Dia merinci, dari 15 pilkada yang ditargetkan menang, sebanyak 7 daerah calon kepala daerah dan wakil kepala daerahnya dari PDI Perjuangan. Sedang di 8 pilkada kabupaten/kota yang diyakini menang, PDI Perjuangan mengusung wakil kepala daerah.

Acara pembukaan fit and propertes bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dihadiri ketua, sekretaris dan bendahara DPC PDI Perjuangan se-Jatim yang daerahnya bakal menggelar pilkada. Para kandidat kepala daerah – wakil kepala daerah juga hadir di acara yang digelar di aula DPD PDI Perjuangan Jatim, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya itu.

Menurut Kusnadi, uji kelayakan dan kepatutan bagi kandidat calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dilakukan untuk menjaring calon yang benar-benar memiliki integritas serta ideologi yang sejalan dengan garis perjuangan partai. Meski berlangsung di DPD Jatim, namun uji kepatutan dan kelayakan ini dilakukan langsung oleh DPP.

Dari DPP, yang hadir di antaranya Ketua DPP Djarot Syaiful Hidayat, Sri Rahayu, Sekjen Hasto Kristiyanto, dan Wakil Sekjen Eriko Sotarduga.

Selain menggelar uji kelayakan dan kepatutan, PDI Perjuangan saat ini juga sudah mulai melakukan survei bagi seluruh calon yang telah mendaftarkan diri melalui partai itu. “Nanti hasil uji dan survei ini akan kami gabungkan dan akan diputuskan oleh DPP siapa yang akan direkomendasikan,” jelasnya. (goek)