PDIP Jatim Sambut Gembira Tuntasnya Proses Pilpres

SURABAYA – PDI Perjuangan Jawa Timur menyambut gembira tuntasnya proses Pemilihan Presiden 2019 setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan sengketa Pilpres yang diajukan Prabowo-Sandiaga.

“Dengan demikian, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin resmi terpilih menjadi Presiden dan Wapres selama lima tahun ke depan,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari, Jumat (28/6/2019).

Untari menyebut, kemenangan Jokowi merupakan kemenangan rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Pihaknya juga berterima kasih kepada masyarakat Jatim yang turut memenangkan Jokowi dan PDI Perjuangan sebagai satu kesatuan pilihan politik kerakyatan.

“Sekarang saatnya berlari kencang memajukan Indonesia bersama pemimpin yang tulus, bekerja dengan hati dan menjalankan konsep kepemimpinan gotong royong seperti yang selama ini menjadi karakter Pak Jokowi dan PDI Perjuangan,” ujarnya.

Di Jawa Timur, Jokowi menang telak dengan selisih 7,7 juta suara dibanding pesaingnya Prabowo, yaitu meraih 16.231.668 suara (65,7 persen), sedangkan Prabowo mendapat 8.441.247 suara (34,3 persen).

Bahkan, PDI Perjuangan berhasil menjadi pemenang pemilu legislatif di provinsi ini, dan dipastikan memimpin DPRD Jawa Timur periode 2019-2024.

Untari mengaku salut dengan kedewasaan masyarakat dalam menyikapi perbedaan dan dinamika politik selama pilpres sampai pembacaan putusan MK.

Sedikit dinamika, kata dia, merupakan bagian dari proses berdemokrasi, tapi secara umum semua relatif aman serta lancar.

“Itu menunjukkan kedewasaan masyarakat, dan dengan modal itu ke depan kita optimistis Indonesia tambah maju,” kata perempuan yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi melalui putusan yang dibacakan Kamis (27/6/2019), menolak seluruh permohonan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga terkait sengketa Pilpres 2019.

Putusan ini secara tidak langsung menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, berdasarkan keputusan hasil rekapitulasi nasional KPU RI. (goek)