PDIP Hanya Calonkan Mereka yang Tempuh Jalur Partai

pdip-jatim-sekjen-hasto-kJAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya akan mengusung mereka yang menempuh jalur partai, dalam pencalonan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“PDI Perjuangan hanya mencalonkan mereka yang bersama PDI Perjuangan menempuh jalur kepartaian untuk rakyat,” kata Hasto usai acara Konvensi Nasional Tentang Haluan Negara di JCC, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Namun, kata Hasto, dinamika politik bisa saja berubah. “Namanya politik kan ada kejutan, politik ada dinamika,” ujarnya.

PDIP, sebut Hasto, menghargai sepenuhnya langkah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang maju lewat jalur independen dengan bantuan kelompok relawannya. Namun, dia menegaskan bahwa Ahok tidak bisa bekerja sendirian membangun Jakarta.

Dia meyakini, dalam mengelola pemerintahan diperlukan kerja sama simultan antara eksekutif dengan legislatif. Dukungan partai politik akan membuat roda pemerintahan berjalan stabil.

“Untuk mengelola pemerintahan memerlukan sebuah kepemimpinan yang mampu menyatupadukan seluruh potensi-potensi tersebut. Bukan yang memecah belah potensi tersebut,” tegas dia.

Saat ini, jelas Hasto, penjaringan bakal calon gubernur/wakil gubernur yang akan berlaga di Pilkada DKI Jakarta 2017, terus dilakukan. Survei juga akan segera dilakukan untuk menampung aspirasi masyarakat.

Selain itu, menurut Hasto, PDIP juga masih menunggu revisi Undang-Undang Pilkada disahkan. “Kami pastikan yang kami calonkan adalah mereka yang betul-betul memiliki kemampuan dalam mengelola pemerintahan dan mengatasi persoalan-persoalan di DKI Jakarta,” katanya. (goek/*)