PDI Perjuangan Siap Dukung Jika Jokowi Rombak Menteri

LAMONGAN – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berpendapat, reshuffle kabinet hanya bisa dilakukan atas kehendak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Hasto, jika perombakan susunan menteri tersebut dilakukan, maka hal itu untuk meningkatkan efektivitas dan percepatan program-program pemerintahan Jokowi-JK.

“Sekiranya Bapak Presiden akan melakukan itu, PDI Perjuangan akan memberikan dukungan sepenuhnya demi efektivitas dan tugas-tugas pemerintahan Pak Jokowi yang tidak ringan, mengingat program kerakyatan Pak Jokowi begitu banyak,” kata Hasto.

Hal itu dia sampaikan kepada wartawan usai memberi arahan di acara rapat konsolidasi internal yang digelar DPC PDI Perjuangan Lamongan di Gedung Pertemuan Wisma Persaudaraan Haji Kabupaten Lamongan, Sabtu (15/7/2017).

PDI Perjuangan, sambung Hasto, siap memberikan penilaian ke para menteri jika diminta untuk memberikan masukan. Meski begitu, kata Hasto, kewenangan untuk melakukan reshuffle sepenuhnya berada di tangan Jokowi.

“Dalam mekanisme sistem presidensial, kewenangan untuk melakukan reshuffle sepenuhnya di tangan Bapak Presiden,” ucap Hasto

Pada kesempatan itu, Hasto juga mengingatkan setiap partai politik (parpol) yang berkoalisi dengan pemerintah agar tetap satu suara. Hasto menegaskan, partai koalisi harus memberikan dukungan real dalam setiap kebijakan politik pemerintah.

Dia berharap setiap partai koalisi konsisten untuk mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla (JK) bukan karena kursi menteri, tapi juga di DPR.

“Setiap parpol pengusung Pak Jokowi JK kita harapkan betul-betul konsisten di dalam menyatakan dukungannya. Yaitu dukungan bukan hanya sekadar menempatkan menteri, bukan hanya mendukung Pak Jokowi tetapi dalam implementasi kebijakan termasuk di DPR,” urainya.

Hasto menegaskan, partai politik ketika sudah mengambil keputusan untuk menyatakan bergabung dengan pemerintah, harus disertai dengan sebuah etika politik.

Konsolidasi internal DPC PDI Perjuangan Lamongan diikuti sedikitnya 1.000 kader mulai tingkat cabang hingga ranting.

Sebelum di Lamongan, Hasto Kristiyanto didampingi Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi dan Sekretaris DPD Sri Untari menghadiri acara serupa di kantor DPC PDI Kabupaten Bojonegoro. (goek)