PDI Perjuangan Mendominasi di Kabupaten Malang dan Kediri

Jokowi kampanye di MalangKURSI DPRD Kabupaten Malang bakal “dikuasai” tiga partai yang perolehan suaranya dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu cukup signifikan, yakni PDI Perjuangan yang mendulang suara 23,76 persen, Partai Golkar 21,19 persen dan PKB 15,21 persen.

Disusul Partai Gerindra 10,76 persen, Partai Demokrat 6,43 persen, Nasdem 6,12 persen, PKS 4,44 persen, Hanura 4,12 persen, PPP 3,58 persen, PAN 3,34 persen, PBB 0,65 persen dan 0.40 persen. Surat suara yang masuk mencapai 80 persen.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Hari Sasongko kepada wartawan kemarin mengatakan, dari hasil hitung internal, ada kemungkinan tambahan satu kursi di daerah pemilihan (dapil) 6. Wilayah dapil itu meliputi Ngajum, Kalipare, Sumberpucung, Ngajum, Kromengan, Wonosari, dan Pakisaji. Sehingga dari 13 kursi, PDI Perjuangan bakal mempunyai 14 kursi di DPRD setempat.

Di Kabupaten Kediri, PDI Perjuangan juga masih mendominasi suara Pemilu 2014, disusul PKB. Data yang dihimpun, dua partai tersebut di masing –masing daerah pemilihan (Dapil) paling unggul bila ketimbang partai lainnya. Prediksi sementara, PDI Perjuangan bakal mendapatkan 12 kursi dan PKB mendapat 9 kursi.

Urutan selanjutnya, partai Gerindra dan PAN masing-masing 6 kursi, Partai Nasdem dan Golkar sama-sama mendapatkan 5 kursi, Partai Demokrat mendapatkan 4 kursi. Berikutnya baru PKS , PPP dan PBB masing-masing satu kursi. (pri/*)