PDI Perjuangan Menang di TPS Risma, Dahlan, dan Soekarwo

Mega Puan Risma Indonesia Hebat“ALHAMDULILLAH,” ucap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, begitu mengetahui PDI Perjuangan menang telak di TPS 01 Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, tempatnya memilih, Rabu (9/4/2014).

Di TPS Risma ini, PDI Perjuangan meraup suara sebanyak 291, disusul Partai Gerindra dengan 136 suara. Kemudian berturut-turut adalah PKS 55 suara, Demokrat 55 suara, dan Partai Nasdem 35 suara.

Wali kota dari PDI Perjuangan ini enggan berkomentar saat ditanya soal raihan PDI Perjuangan yang  sesuai hasil penghitungan cepat (quick count) menang secara nasional. Menurut Risma, dia tidak memiliki kapasitas untuk mengomentari hal itu.

Tak hanya di tingkat DPR RI, di TPS Risma, PDI Perjuangan berhasil mengungguli partai lainnya di tingkat DPRD Provinsi maupun Kota. Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 01 Tikno Widyastoto mengatakan, perbandingan perolehan suara PDI Perjuangan jauh ketimbang partai lain.

Untuk DPR RI, PDI Perjuangan memperoleh 100 suara disusul Partai Gerindra 48 suara dan PKS dengan 18 suara. Sedangkan Partai Demokrat 16 suara dibuntuti Partai Golkar 12 suara.

Kemenangan PDI Perjuangan juga terlihat di TPS 025 Ketintang Baru Selatan, tempat Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyalurkan hak pilihnya. Di TPS ini, PDI Perjuangan menang mutlak baik tingkat DPR, DPRD I, maupun DPRD II.

Adapun rekapitulasi suara untuk kursi DPR, PDI Perjuangan memboyong 62 suara, Partai Gerindra 35 suara dan Partai Demokrat 18 suara.

Baca juga: PDI Perjuangan Pemenang Pemilu 2014

Pun di TPS tempat Soekarwo, gubernur yang juga Ketua Partai Demokrat Jatim, di Jalan Manyar Kertoadi, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo. Hasil penghitungan suara di TPS 27 yang baru selesai Rabu malam itu memperlihatkan PDI Perjuangan unggul untuk perolehan suara partai dan calon legislator di semua tingkatan.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 27, Achmad Rosdianto, mengatakan, untuk DPR RI PDI Perjuangan meraup 47 suara. Disusul Demokrat 20 suara dan Gerindra 14 suara. Pada pemilu sebelumnya, TPS di wilayah itu didominasi Partai Demokrat.

Diakui Achmad, pemilihan Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon presiden membawa pengaruh besar bagi PDI Perjuangan dalam menangguk perolehan suara pemilu kali ini. (pri/*)