PDI Perjuangan Apresiasi Pertemuan Jokowi-SBY

pdip jatim - Jokowi-SBY di Istana NegaraJAKARTA – Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengapresiasi pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia berpendapat, pertemuan itu bisa jadi pintu masuk bergabungnya Partai Demokrat ke koalisi pemerintahan.

Menurut Basarah, peluang kerja sama dalam pemerintahan selalu terbuka. “Ke depan, cukup banyak spektrum pemerintahan yang dapat dikerjasamakan dengan Partai Demokrat,” kata Ahmad Basarah kepada wartawan di Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Pemerintahan Jokowi-JK, ujar Basarah, membutuhkan dukungan partai politik agar pemerintahan berjalan stabil. Dukungan politik tersebut tentunya yang bersifat konstruktif dalam hubungan antara pemerintah dengan DPR.

“Kerja sama Partai Demokrat dan pemerintah juga akan menjamin terselenggaranya sistem pemerintahan presidensial yang dulu juga dikampanyekan pemerintahan SBY,” terang dia.

Pun sebagai mantan Presiden RI, lanjut Basarah, sudah seharusnya SBY ikut membantu dan memberikan dukungan terhadap Presiden Jokowi supaya dapat memimpin pemerintahan nasional dengan baik dan efektif. “SBY pasti tahu persis beban Presiden Jokowi dalam memimpin pemerintahan nasional,” ujarnya.

Seperti diketahui, menjelang masa akhir jabatannya, SBY menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Isi Perppu Pilkada tersebut adalah Pilkada diselenggarakan secara langsung dengan sistem yang telah diperbaiki dan disempurnakan.

Sementara, PDI Perjuangan diketahui sebagai partai yang dari dulu berjuang agar Pilkada dilakukan secara langsung oleh rakyat, bukan melalui DPRD. (pri/*)