PDI-P Nilai Oesman Sapta Layak Jadi Ketua MPR

pramono anung wibowoJAKARTA – Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Pramono Anung mengatakan, partai koalisi pendukung Jokowi-Jusuf Kalla mendukung Oesman Sapta sebagai calon Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Pramono menilai, Oesman sudah pantas menjadi Ketua MPR karena memiliki sifat kenegarawanan yang menjadi syarat sebagai Pimpinan MPR.

“Kami melihat Pak Oesman Sapta dan komitmen terhadap negara tidak diragukan, memiliki pikiran untuk NKRI. Sudah sesuai dengan Almarhum Pak TK (Taufiq Kiemas) yang mengawal empat pilar,” ujar Pramono, di Kompleks Parlemen, Selasa (7/10/2014).

Pramono mengatakan, Oesman yang juga seorang pengusaha itu, akan semakin diasah mental dan cara pandangnya jika sudah menduduki kursi Ketua MPR.

“Nanti seiring perjalanannya, akan ada kedewasaan dan cara pandang untuk NKRI,” kata Pramono.

Sebelumnya, DPD sudah menggelar rapat pleno untuk memilih satu dari sembilan legislator yang dinominasikan maju ke dalam paket pimpinan MPR. Oesman Sapta akhirnya terpilih melalui voting yang dilakukan pada Senin (6/10/2014) malam. PDI-P sepakat hasil nama yang keluar di pleno DPD itu diajukan sebgai Ketua MPR.

Sementara, kursi Wakil Ketua MPR lainnya diisi oleh Ahmad Basarah (PDI-P), Lukman Edy (PKB), Hasrul Azwar (PPP), dan perwakilan dari Partai Nasdem. Partai Hanura yang juga tergabung dalam koalisi Jokowi-JK melepas kursi Wakil Ketua MPR untuk PPP yang bermasalah dengan Koalisi Merah Putih karena tidak mendapat jatah Pimpinan MPR.

Di sisi lain, Koalisi Merah Putih tidak mengakui hasil rapat pleno DPD itu. Salah satu anggota dari Fraksi Partai Gerindra, Desmond J Mahesa mengungkapkan ketidaksetujuannya atas keputusan DPD dalam sidang paripurna hari ini.

“Kami melihat DPD tidak kompak, masih belum satu nama. Rapat tertinggi adalah di sidang paripurna,” kata Desmond, yang kemudian disambut teriakan dan cemooh dari kursi jajaran anggota DPD.

Hingga kini, belum diketahui pasti perwakilan DPD yang dimasukkan dalam paket Pimpinan MPR versi Koalisi Merah Putih. Mereka baru mengesahkan posisi Djoko Udjianto sebagai claon Ketua MPR dari Partai Demokrat. Sementara posiis calon wakil ketua MPR diisi oleh Zulkifli Hasan (PAN), Mahyuddin (Partai Golkar), dan Hidayat Nur Wahid (PKS).

Sumber: Kompas.com