Pawai Lampion Marakkan Takbir Keliling

Pdip jatim - pawai takbir keliling mgtMAGETAN – Hari Raya Idul Adha 1435H yang jatuh pada Minggu (5/10/2014) dirayakan dengan meriah oleh masyarakat Kabupaten Magetan. Malam tadi, Sabtu (4/10/2014) pusat kota Magetan bergelimang cahaya  lampion yang diarak masyarakat saat takbir keliling kota.

Pawai lampion dan takbir keliling ini diikuti siswa SD, SMP, SMA, dan SMK se-Kabupaten Magetan. Diberangkatkan Bupati Sumantri pada pukul 20.00 WIB dari depan Pendopo Suryagraha di alun-alun Magetan, para peserta pawai menempuh rute menyusuri Jalan Ahmad Yani ke barat, kemudian berbelok ke utara di Jalan Bangka hingga Jalan MT Haryono. Kemudian kembali ke alun-alun melalui Jalan Panglima Sudirman.

Menurut Sumantri, pawai lampion dan takbir keliling ini menjadi tradisi setiap malam takbir Idul Adha. “Untuk menghindari takbir keliling yang terpisah-pisah dan berpotensi risiko lalu lintas, kami satukan kegiatan takbir keliling ini dalam kegiatan yang dikoordinir pemda. Dengan demikian, pusat keramaian bisa ditata di kota. Masyarakat pengguna jalan bisa mengambil jalan alternatif yang disediakan,” terang bupati yang diberangkatkan PDI Perjuangan ini.

Diharapkan, dengan pawai lampion dan takbir keliling ini bisa memberikan hiburan sekaligus mendekatkan keimanan masyarakat Magetan dengan makna berkurban.

Sementara itu, Sumantri dijadwalkan mengikuti Salat Ied di alun-alun Magetan karena Masjid Agung Baiturrahman Magetan sedang dalam renovasi. Tahun ini, Sumantri secara pribadi berkorban 1 ekor sapi. Selain itu Wakil Bpati Samsi dan Ketua DPRD Magetan Joko Suyono masing-masing berkorban 1 eko sapi. (sa)