Pasuruan-Probolinggo Tersambung Tol, Jokowi Harap UKM Jatim Berkembang Pesat

PROBOLINGGO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kawasan industri kecil dan mikro di Jawa Timur bisa berkembang lebih cepat setelah peresmian pengoperasian jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro).

“Kita harapkan dengan tembusnya jalan tol akan terjadi mobilitas barang, orang dan logistik yang cepat, dan kita harapkan kawasan industri kecil mikro akan cepat berkembang,” kata Jokowi saat meresmikan jalan Tol Paspro di Gerbang Tol Pasuruan-Probolinggo Timur, Rabu (10/4/2019).

Jokowi mengatakan kawasan industri kecil dan mikro (IKM) sekitar berpotensi cepat berkembang karena akses logistik yang semakin mudah.

Menurut dia, akses barang dan produk yang memasok UMKM dengan adanya tol itu bisa lebih mudah, murah dan efisian. “Dan akses tempat pariwisata tadi sudah disampaikan Ibu Gubernur (Khofifah),” katanya.

Jokowi menegaskan rampungnya jalan Tol Pasuruan Probolinggo memerlukan proses dan tahapan yang tidak sebentar. “Memang proses tidak instan, enggak. Memerlukan proses dan tahapan untuk menuju ke sana,” jelas dia.

Tol Paspro sepanjang 31,3 Km yang diresmikan orang nomor satu di Indonesia ini terdiri dari tiga seksi. Seksi 1 berada di Simpang Susun Tongas, seksi 2 berada di Probolinggo Barat, Desa Muneng, dan Seksi 3 di Kecamatan Leces.

Menurut Jokowi, dengan beroperasinya ruas Tol Pasuruan-Probolinggo membuat jaringan tol di Pulau Jawa tersambung panjang. Setidaknya, dari Merak hingga Probolinggo sudah tersambung.

“Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang-Probolinggo sekarang ini sudah tembus sepanjang 840 km,” ujarnya.

Jalan Tol Paspro juga masuk ke dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) dan jaringan jalan tol Trans Jawa. Adapun, kontraktor jalan tol ini adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018

Jokowi menyebut, Tol Paspro di gerbang timur tersebut digratiskan selama sepekan dan bisa dipakai Lebaran tahun ini. (goek)